BeritaPeristiwaRegional

Diskominfo Jateng Kembangkan Aplikasi Pusat Data Pengambilan Keputusan

BIMATA.ID, Semarang – Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Tengah ( Diskominfo Jateng) telah mengembangkan aplikasi pusat data yang diberi nama Tunas Aplikasi Big Data (Tabita) untuk pengambilan keputusan pimpinan yang tepat sesuai kebutuhan berdasarkan data.

Kepala Bidang Statistik Diskominfo Jateng, Hita Yoga Pratyaksa menjelaskan, bahwa pusat data memiliki tiga karakteristik yakni volume berkaitan dengan jumlah,velocity berkaitan dengan kecepatan perubahan, dan variety yang berkaitan dengan keanekaragaman data.

“Kemajuan teknologi informasi berdampak pada proses pengumpulan informasi, termasuk di dalamnya big data.” kata Kepala Bidang Statistik Diskominfo Jateng, Hita Yoga Pratyaksa di Semarang, Rabu (15/11/2023).

Baca juga: Rukun Bareng Paslon Lain, Prabowo-Gibran Joget dan Saling Tos dengan Anies-Imin

Oleh karena itu, pihaknya berkolaborasi dengan organisasi perangkat daerah selaku produsen data.

“Data yang mereka hasilkan akan kami analisis untuk menghasilkan bahan penentuan kebijakan pimpinan,” ujarnya.

Menurutnya, dengan sistem tersebut penyimpanan berbagai macam data akan lebih rapi mengingat data yang beredar sangat banyak, cepat berubah, dan bermacam-macam, mulai dari yang terstruktur maupun tidak terstruktur, seperti komentar atau unggahan warganet di media sosial setiap harinya, rekaman CCTV, perilaku warga di aplikasi layanan publik, atau data real time dari perangkat.

Lihat juga: Prabowo Sepakat dengan Cak Imin Soal Pemilu Jujur, Sebut Sahabat Lama dan Bacakan Pantun

Sambungnya, pada tahap awal, aplikasi Tabita dikembangkan untuk sektor pertanian karena jumlah dan variasi data yang dihasilkan cukup banyak, dan komplit, termasuk untuk sektor-sektor yang lain.

“Memang terkadang atau banyak kebijakan diputuskan dengan intuisi, namun intuisi dan data akan menjadi sebuah kombinasi yang dahsyat untuk sebuah ketepatan menuju efektif dan efisien,” jelasnya.

Maka dari itu, Ia berharap dengan penerapan aplikasi Tabita, maka kebijakan yang diambil oleh pimpinan bisa mengakomodasi kebutuhan masyarakat.

Simak juga: Pesan Prabowo untuk Pilpres 2024: Siapapun yang Menang, Harus Bersatu Jaga Indonesia

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close