BeritaPendidikan

UI Perluas dan Jajaki Kemitraan Dengan Perguruan Tinggi di Eropa

BIMATA.ID, Jakarta – Universitas Indonesia (UI) terus memperluas dan menjajaki kemitraan dengan perguruan tinggi di Eropa untuk meningkatkan kerja sama di berbagai bidang ilmu pengetahuan.

Kepala Biro Humas dan Keterbukaan Informasi Publik (KIP) UI  Amelita Lusia mengatakan, UI perlu memanfaatkan ajang internasional EAIE (European Association for International Education) 2023 ini untuk mempromosikan program-program akademik kepada para mitra global.

“Pameran yang diadakan menjadi kesempatan bagus, karena booth yang tersedia banyak dikunjungi oleh sebagian besar peserta konferensi yang berasal dari berbagai negara. Ada 241 eksibitor pada kegiatan ini yang berasal dari berbagai universitas di seluruh dunia,” kata Amelita, dikutip dari antaranews, Senin (02/10/2023).

Baca Juga : Menhan Prabowo Hadiri Upacara Hari Kesaktian Pancasila

EAIE ke-33 itu, lanjutnya, menjadi kesempatan untuk bertemu dengan para mitra internasional dan mendiskusikan program kolaborasi akademik yang telah berjalan dan menjajaki kegiatan kolaboratif pada masa mendatang.

“Kami juga membuka booth di ajang ini, guna memperkenalkan lebih dekat lagi tentang UI dan bisa berinteraksi langsung,” tuturnya.

UI menjadi satu-satunya peserta dari Indonesia pada ajang yang berlangsung di Rotterdam Belanda pada 25-29 September 2023 itu.

“Animo pengunjung selama pelaksanaan EAIE 2023, sangat luar biasa. Booth UI dikunjungi non-stop oleh berbagai perguruan tinggi lain,” jelasnya.

Ajang EAIE 2023 diikuti lebih dari 100 negara di dunia dengan 6.700 partisipan. Keikutsertaan ini, terangnya, akan meningkatkan jumlah kerja sama Erasmus+ dengan universitas mitra dari Eropa.

Erasmus+ merupakan salah satu program yang paling diakui di Eropa, yang mendukung pendidikan, pelatihan, pemuda, dan olahraga. Kerja sama UI dengan Erasmus+ tersebut memberikan akses bagi mobilitas mahasiswa, dosen, dan staf, yang membawa dampak positif bagi peningkatan jumlah mobilitas baik inbound maupun outbound.

Simak Juga : Survei Terbaru Indikator: Head to Head, Ganjar Kalah Lawan Prabowo

UI juga sebelumnya berpartisipasi pada ajang internasional lainnya seperti pada NAFSA 2023 (30 Mei – 3 Juni 2023) di Washington DC. Kantor Urusan Internasional UI melihat tren mobilitas internasional masih belum sepenuhnya pulih pasca pandemi. 

Kantor Urusan Internasional Baiduri Widanarko mengatakan EAIE ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas kegiatan yang berdampak terhadap visibilitas institusi dalam rangka peningkatan reputasi dan mobilitas akademik.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close