BeritaPendidikanRegional

Sukseskan Program Merdeka Belajar, Dinas Pendidikan Garut Gelar FTBI

BIMATA.ID, Garut – Dalam rangka menyukseskan program Merdeka Belajar Episode ke-17, Dinas Pendidikan Kabupaten Garut telah menyelenggarakan Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) di Yayasan Al-Musaddadiyah pada Rabu, (04/10/2023).

Diketahui, FTBI merupakan wadah apresiasi bagi peserta didik, yang melibatkan berbagai jenjang mulai dari sekolah hingga tingkat kecamatan, kabupaten/kota, dan provinsi.

Kemudian, FTBI juga memiliki tujuan penting untuk mewujudkan toleransi kebhinekaan di Indonesia.

Baca juga: Relawan Pendukung prabowo Presiden, Gelar Aksi Sosial Bersih Lingkungan

Lomba-lomba yang diadakan dalam FTBI antara lain Ngadongeng, Bintara, Maca Sajak, Nembang Pupuh, Maca Jeng Nulis Aksara Sunda, Ngarang Carita Pondok, dan Ngabodor Sorangan (Borangan).

Pembukaan FTBI 2023 diadakan di lapangan SMA Ciledug Al-Musaddadiyah Garut dengan penampilan profil dan moto juang dari masing-masing kecamatan. Acara ini bertujuan untuk meningkatkan penghargaan dan rasa bangga terhadap Bahasa dan Sastra Daerah peserta didik.

Selain itu, FTBI juga berperan sebagai platform untuk memperkuat pemahaman dan cinta terhadap kekayaan budaya lokal, khususnya dalam Bahasa dan Sastra. Hal ini diharapkan akan mendorong generasi muda menjadi pelopor dalam pelestarian dan pengembangan warisan budaya daerah.

Lihat juga: Anak Buah Prabowo: Revolusi Putih Bukan Sekedar Janji, Sudah Dilakukan Sejak 2009

Sehingga, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Garut, H Ade Manadin, S.Pd., M.Pd, berharap, bahwa FTBI akan menghasilkan juara dalam berbagai bidang yang dapat mewakili Kabupaten Garut di tingkat Provinsi Jawa Barat.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close