BeritaNasionalPeristiwaPolitikRegional

Sufmi Dasco Soroti Dampak El Nino pada Ekonomi dan Lingkungan

BIMATA.ID, Jakarta – Wakil Ketua DPR RI Koordinator Bidang Ekonomi dan Keuangan, Sufmi Dasco Ahmad, dalam Rapat Paripurna Penutupan Masa Sidang I Tahun Sidang 2023-2024, mengungkapkan keprihatinannya terhadap fenomena El Nino yang sedang berlangsung dan diproyeksikan akan berlanjut hingga akhir tahun ini.

Dirinya mengajukan permohonan agar seluruh lembaga pemerintah bersatu padu dan berkoordinasi untuk mengambil langkah-langkah mitigasi guna mengurangi beban yang ditimpakan pada masyarakat.

“Fenomena El Nino yang telah berlangsung beberapa bulan terakhir ini telah menyebabkan perubahan signifikan dalam pola cuaca global, dengan dampak yang dirasakan di berbagai wilayah dunia, termasuk Indonesia,” kata Sufmi Dasco Ahmad saat memimpin Sidang Paripurna di Gedung Nusantara II, Jakarta, pada Selasa (03/10/2023).

Baca Juga : Prabowo Terima Kunjungan Kepala Kepolisian Palestina

Dampak dari fenomena El Nino saat ini sudah dirasakan di beberapa daerah di Indonesia, seperti kekeringan yang mempengaruhi produksi pertanian dan kenaikan harga bahan pangan.

Selain itu, juga mulai muncul kasus karhutla (kebakaran hutan dan lahan) di beberapa wilayah.

Simak Juga : Relawan Pendukung Prabowo Presiden, Gelar Aksi Sosial Bersih Lingkungan

“Pemerintah harus segera menyiapkan langkah-langkah antisipatif untuk mengatasi dampak panjang dari musim kemarau ini, dan kerja sama serta koordinasi yang efektif antara berbagai lembaga seperti BMKG, BNPB, Kementerian Pertanian, Badan Urusan Logistik, Badan Pangan Nasional, serta kementerian dan lembaga terkait lainnya sangat diperlukan untuk pelaksanaan mitigasi ini,” tegasnya.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close