BeritaInternasionalNasionalPolitik

Puan Maharani : Kerja Sama Maritim Indonesia-Malaysia Kunci Perdamaian Kawasan

BIMATA.ID, Jakarta – Ketua DPR RI Dr. (H.C) Puan Maharani menekankan pentingnya kerja sama antara Indonesia dan Malaysia di sektor maritim, terutama mengingat kedua negara berbagi perbatasan dan dikelilingi oleh laut. Kolaborasi ini mencakup upaya untuk memerangi penangkapan ikan ilegal, menyelesaikan masalah delimitasi batas maritim dan darat.

Hal ini disampaikan Puan Maharani saat di dalam pertemuan Bilateralnya dengan Ketua Dewan Rakyat Malaysia, Tan Sri Dato’ Johari Bin Abdul, yang berlangsung di Gedung Parlemen, Kuala Lumpur, Malaysia, pada beberapa waktu lalu.

“Saya memberikan dukungan penuh terhadap finalisasi perjanjian delimitasi Maritim di wilayah Laut Sulawesi dan Selat Malaka. DPR RI akan memantau kemajuan perjanjian ini melalui fungsi pengawasannya,” ujar Puan dalam keterangannya, Selasa (3/10).

Baca Juga : Survei LSI Denny JA, Elektabilitas Prabowo Kokoh Pepet 40% Lampaui

Puan juga mendorong kerja sama antara kedua parlemen untuk memajukan hubungan antara Indonesia dan Malaysia. Ini dapat tercermin dalam partisipasi aktif dalam forum-forum internasional dan regional, dengan tujuan saling mendukung.

Kedekatan hubungan yang erat antara kedua parlemen terlihat dari pertukaran dialog yang rutin terjadi dalam berbagai forum parlemen, seperti Parliamentary Union of the OIC Member States (PUIC) dan ASEAN Inter-Parliamentary Assembly (AIPA).

Mengenai hasil resolusi Sidang Umum AIPA ke-44 di Jakarta beberapa waktu lalu, Puan mengajak Parlemen Malaysia untuk bersama-sama dengan DPR memperjuangkan penyelesaian krisis di Myanmar, sesuai dengan kesepakatan yang telah dicapai dalam forum Parlemen Asia Tenggara tersebut.

“Kerja sama yang kuat antara kedua parlemen dapat membantu pemerintah mengatasi berbagai tantangan yang dihadapi oleh kedua negara, termasuk melalui Sidang Umum AIPA ke-45 yang akan diadakan di Laos pada tahun 2024. Menjaga perdamaian dan keamanan di kawasan adalah tanggung jawab bersama kita,” ungkapnya.

Simak Juga : Kang Dedi Mulyadi di Bojongkoneng: Prabowo Dicintai Tetangga

Puan juga menyoroti peran penting Indonesia dan Malaysia sebagai pendiri ASEAN, menekankan bahwa hubungan kedua negara ini adalah pondasi utama dalam menciptakan perdamaian dan stabilitas keamanan di kawasan.

Untuk itu, Puan berharap kedua negara mampu mengelola berbagai permasalahan melalui mekanisme dan forum bilateral, meskipun terkadang muncul masalah dalam hubungan mereka.

“Kita berharap agar hubungan antara Indonesia dan Malaysia terus berkembang dengan semangat saling menghormati,” pungkasnya.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close