BeritaHeadlineKesehatanPolitik

Rachmat Gobel Ingin Indonesia Mandiri di Bidang Kesehatan

BIMATA.ID, Jakarta – Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI), Rachmat Gobel, menginginkan Indonesia harus mandiri di bidang kesehatan.

Hal itu disampaikan merespons pidato kenegaraan Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) yang menyebut, kemandirian industri obat, vaksin, dan alat-alat kesehatan masih menjadi kelemahan serius yang harus dicarikan solusi bersama.

“Indonesia harus mandiri dan merdeka dalam pengadaan obat, vaksin, dan alat-alat kesehatan,” ucapnya, melalui keterangan tertulis, Senin (16/08/2021).

Gobel mendukung keinginan Kepala Negara untuk mewujudkan Indonesia yang mandiri di bidang kesehatan. Pasalnya, pandemi Covid-19 harus menjadi pelajaran yang berharga bagi Indonesia.

“Ketergantungan kita terhadap impor obat, vaksin, dan alat-alat kesehatan telah menjadikan kita kesulitan untuk mendapatkannya, harganya menjadi mahal, dan yang utama mengancam nyawa rakyat kita,” tandas Politikus Partai Nasional Demokrat (NasDem) ini.

Legislator daerah pemilihan (Dapil) Gorontalo ini menilai, isu kesehatan telah menyangkut ketahanan nasional serta kedaulatan bangsa dan negara. Selain itu, pandemi juga telah menunjukkan bahwa infrastruktur dan ekosistem kesehatan Indonesia ternyata belum kuat.

Gobel mengungkapkan, merdeka dan mandiri di bidang kesehatan harus dijabarkan lebih lanjut dengan menyiapkan infrastruktur dan ekosistemnya. Seperti regulasi, riset, investasi, industri kesehatan, layanan kesehatan, dan sumber daya manusia (SDM).

“Indonesia juga kaya bahan baku. Belanda dulu menjajah Indonesia karena mencari rempah-rempah dan herbal. Itu kan bagian dari dunia kesehatan juga,” ungkapnya.

[MBN]

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close