BeritaEkonomiInternasionalOtomotifUMKM

PT Pertamina Diharapkan Dorong Lombok Jadi Sport Tourism

BIMATA.ID, Jakarta – PT Pertamina diharapkan mampu mendorong Lombok, Nusa Tenggara Barat sebagai tujuan wisata olahraga atau “sport tourism” setelah BUMN tersebut terlibat dalam menyukseskan gelaran MotoGP Mandalika 13 s/d 15 Oktober 2023.

Pengamat ekonomi Universitas Mataram, Firmansyah menilai upaya Pertamina dalam menyukseskan MotoGP Mandalika 2023, sebagai terobosan luar biasa, apalagi dalam perhelatan internasional itu melibatkan para UMKM binaannya.

“Saya harap Pertamina terus mendorong UMKM, tidak hanya di Mandalika dan Lombok Tengah, namun juga meluas hingga Lombok dan NTB. Kalau perlu, Lombok jadi sport tourism, wisata olahraga,” kata Firmansyah melalui telepon dari Jakarta, Jumat (13/10/2023).

Menurutnya, perlu dipikirkan program-program pengembangan setelah MotoGP sehingga pertumbuhan ekonomi akan berlanjut, tidak hanya setahun sekali dan di Lombok Tengah saja, yang akhirnya UMKM pun akan semakin berkembang.

Selain itu, Pertamina dan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) bisa memegang peranan lebih penting, dalam hal ini tidak hanya mengandalkan ajang MotoGP namun juga memikirkan perhelatan-perhelatan lanjutan seperti pameran teknologi otomotif, lomba desain sepeda motor atau ajang turunan MotoGP lain yang diatur sepanjang tahun.

“Kemarin (tahun lalu) 4-5 persen, kalau sekarang ya prediksi saya 5-6 persen (pertumbuhan ekonomi) di Lombok Tengah,” katanya.

Sekedar informasi, Pertamina berperan besar dalam menyukseskan gelaran MotoGP di Mandalika dimana pada ajang Pertamina Grand Prix Of Indonesia 2023 itu, dukungan BUMN tersebut tidak sebatas pada tahap kesiapan adu balap itu sendiri.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close