BeritaHukumRegional

Polres Purwakarta Amankan Dua Pelaku Aborsi

BIMATA.ID, Jabar – Polisi menangkap dua orang pelaku tindak pidana aborsi di Kabupaten Purwakarta. Aksi yang dilakukan kedua pelaku itu menyebabkan perempuan berinisial WA (37) dan jabang bayinya meninggal dunia.

Kasat Reskrim Polres Purwakarta, AKP Muchammad Arwin Bachar membenarkan adanya penangkapan tersebut. Pelaku pertama berinisial RN (39) berstatus sebagai Kepala Dusun Desa Sukatani yang juga pacar korban. Pelaku lainnya berinisial TS (31), warga Subang yang berprofesi sebagai mantri.

“Peristiwa tersebut terjadi di rumah pelaku yang merupakan pacar korban di Perumahan di Desa Sukatani, Kecamatan Sukatani pada Sabtu, 21 Oktober 2023,” ujarnya, Kamis (26/10/2023).

Baca juga: PKB Tunggu Sikap PDIP Usai Gibran Jadi Cawapres Prabowo

Akibat praktik aborsi yang dilakukan tersangka menyebabkan korban yang merupakan Kader Desa Sukatani itu meninggal dunia di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bayu Asih Purwakarta, Sabtu, 21 Oktober 2023.

Dirinya menyebut, para pelaku melakukan aborsi diduga dengan memberikan obat penggugur janin kepada korban. Saat ini, kedua pelaku telah ditetapkan sebagai tersangka.

“Kedua pelaku ini telah ditetapkan sebagai tersangka. Dari hasil penyidikan, kedua pelaku membantu korban untuk menggugurkan kandungnya. Beberapa jam kemudian, korban mengalami kejang dan akhirnya meninggal dunia saat berada di rumah sakit,” pungkas AKP Arwin.

Lihat juga: Jajaran Ketum Partai KIM Dampingi Prabowo-Gibran ke KPU Naik Maung

AKP Arwin menuturkan, sejumlah barang bukti turut diamankan dalam kasus tersebut. Seperti dua unit handphone, satu buah pempers, dan baju batik warna biru milik korban.

“Hubungan tersangka dan korban ini sudah lebih dari satu tahun dan diperkirakan kehamilan dalam kandungan itu sudah 3 bulan lebih. Kini kedua pelaku sudah kami amankan di Mapolres Purwakarta. Untuk pasal yang diterapkan, yakni Pasal 428 dan Pasal 429 Undang-Undang Kesehatan Nomor 17 Tahun 2023 dengan ancaman hukuman sembilan tahun penjara,” tuturnya.

Simak juga: Prabowo: Kami Siap Melanjutkan Pembangunan Indonesia

[MBN]

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close