BeritaPendidikanPeristiwaRegional

Pemkot Pekalongan Gelar Lomba “Nyolet Batik” Guna Tumbuhkan Kecintaan Anak Pada Warisan Batik

BIMATA.ID, Pekalongan – Pemerintah Kota (Pemkot) Pekalongan di Provinsi Jawa Tengah (Jateng) tengah berupaya menumbuhkan kecintaan anak pada warisan budaya batik.

Dalam upaya menumbuhkan kecintaan anak pada batik, Museum Batik Pekalongan menyelenggarakan lomba “Nyolet Batik” tingkat taman kanak-kanak dari 17 s/d 18 Oktober 2023.

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekalongan, Zainul Hakim menyampaikan, bahwa kegiatan yang diselenggarakan oleh Museum Batik dapat membangun kemampuan motorik halus, dan kognitif anak sekaligus menumbuhkan kecintaan mereka pada batik.

Baca juga: Gus Ipang Wahid Beri Pesan Menyentuh untuk HUT Prabowo: Si Paling Gampang Tersentuh

Dalam penerapan kurikulum muatan lokal batik dalam pendidikan anak usia dini, menurut dia, anak-anak juga diajak mengunjungi Museum Batik untuk belajar mengenali motif batik Nusantara serta proses pembuatan batik, termasuk “nyolet”, mewarnai bagian-bagian dari gambar motif batik.

Kepala Museum Batik Pekalongan, Akhmad Asror menjelaskan, bahwa lomba “Nyolet Batik” tingkat taman kanak-kanak diikuti 75 peserta dari satuan-satuan pendidikan anak usia dini yang ada di empat wilayah kecamatan.

Menurutnya, lomba itu sebagai wahana untuk mengenalkan batik pada anak usia dini dengan cara yang menyenangkan, yakni mewarnai gambar motif batik.

Lihat juga: Muzani : Pupuk Subsidi Murah Jadi Prioritas Kerja Prabowo Untuk Sejahterakan Petani di Jawa Tengah

“Memang berbeda dengan tema lomba ‘nyolet’ dengan tahun sebelumnya, yaitu kami kenalkan anak usia dini bahwa motif batik ada yang menyenangkan, kali ini dongeng rusa dan buaya,” katanya di Pekalongan, Rabu (18/10/2023).

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close