BeritaNasional

Nabil Haroen : Kedaulatan Pangan dan Energi Harus Jadi Visi Besar Indonesia

BIMATA.ID, Jakarta – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR  RI) M. Nabil Haroen menyatakan kedaulatan pangan dan energi harus menjadi visi besar Indonesia.

“Visi Indonesia ke depan harus bertumpu pada kedaulatan pangan dan kedaulatan energi,” kata Nabil, dikutip dari antaranews, Senin (02/10/2023).

Gus Nabil mengungkapkan, ketahanan pangan di Indonesia, harus menjadi kebijakan strategis yang dieksekusi secara tepat dan taktis. 

Baca Juga : Partai Gerindra dan Demokrat Lampung Siap Menangkan Prabowo Subianto

Jadi, tidak hanya jadi wacana ataupun hanya jadi kertas kerja. Tapi, harus benar-benar diaplikasikan secara nyata dan berdampak untuk publik.

Menurut dirinya, Indonesia punya kekayaan alam dan hasil pertanian, serta kekayaan hasil laut yang luar biasa.

Selain itu, Indonesia punya garis pantai terpanjang di dunia, yang potensi ekonominya sangat besar.

“Kita punya daratan yang subur, sekaligus juga lautan yang luas,” tuturnya.

Pernyataan itu disampaikan Gus Nabil terkait hasil Rakernas IV PDI Perjuangan, yang berlangsung sejak Jumat (29/9) hingga Minggu (1/10).

Dia menyatakan, PDI Perjuangan dengan jelas dan tegas mengusung tema Kedaulatan Pangan untuk kesejahteraan rakyat. 

Simak Juga : KSAD Dudung Minta Prabowo Modernisasi Meriam-meriam TNI AD

Tema ini menjadi sangat penting sebagai visi utama PDI Perjuangan untuk sebenar-benarnya memperjuangkan kepentingan rakyat. Kedaulatan pangan merupakan aspirasi utama rakyat Indonesia, yang memang menjadi kebutuhan dasar.

“Saat ini, di tengah kontestasi geopolitik dunia, isu pangan menjadi hal yang krusial. Pasca-pandemi dan kemudian krisis Rusia-Ukraina, kedaulatan pangan menjadi pertahanan mendasar bagi masing-masing negara,” pungkasnya.

Kemudian, krisis pangan menghantam beberapa negara, karena pengaruh supply-chain pangan dari Ukraina, hingga berpengaruh juga pada sisi energi, suplai material industri, dan bahan pangan.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close