BeritaBola

Xavi Bisa Pindah ke Barcelona Meski Perpanjang Kontrak Dengan Al-Sadd

BIMATA.ID, Jakarta- Pelatih asal Spanyol, Xavi Hernandez, baru saja memperpanjang kontrak satu tahun dengan klub asal Qatar, Al Sadd. Xavi memperpanjang kontrak ketika namanya santer diberitakan bakal menggantikan posisi Quique Setien sebagai juru taktik Barcelona perr musim depan.

Banyak pihak menilai, kesepakatan baru yang membuat Xavi terikat hingga 30 Juni 2021 bersama Al-Sadd, membuat pelatih 40 tahun itu takkan menangani Barcelona musim depan. Namun, laporan The Sun menulis Xavi memiliki klausul istimewa. Dalam klausul kontrak yang dibuat, Xavi bisa saja pindah ke Barcelona pada musim panas 2020.

Karena itu, Xavi memiliki peluang yang sangat besar untuk melanjutkan karier kepelatihannya bersama Barcelona. Pada medio Maret 2020, Xavi yang telah memberikan satu trofi bagi Al Sadd itu terang-terangan memiliki keinginan menangani Barcelona suatu hari nanti.

“Saya ingin kembali ke Barcelona dan sangat bersemangat. Sekarang saya sudah menjadi pelatih dan ingin membawa pemikiran saya kepada seluruh pemain,” kata Xavi saat itu mengutip dari The Sun.

Namun, Xavi juga memberi syarat jika nantinya ditunjuk sebagai pelatih Barcelona. Pria yang sewaktu aktif bermain identik dengan nomor punggung 6 itu meminta kepada manajemen Barcelona untuk memberi kepercayaan penuh kepadanya perihal pengembangan proyek.

“Saya ingin membangun proyek dari nol. Namun, pengambilan keputusan mutlak ada di tangan saya,” lanjut Xavi.

Jika benar gabung Barcelona, ada satu tugas utama Xavi. Ia dituntut meyakinkan sang megabintang, Lionel Messi, untuk bertahan di Barcelona. Sekadar informasi dalam beberapa hari terakhir, La Pulga –julukan Messi– diberitakan akan meninggalkan Barcelona pada musim panas 2021, atau ketika kontraknya bersama Barcelona berakhir.

Menurut laporan media Spanyol, Cadena SER, Messi enggan memperpanjang kontrak bersama Barcelona. Hal itu karena Messi memiliki hubungan yang tidak baik dengan presiden Barcelona, Josep Maria Bartomeu. Namun, bukan tak mungkin kehadiran Xavi di kursi pelatih Barcelona membuat Messi berubah pikiran.

Xavi bukanlah orang baru di tubuh Barcelona. Selain berstatus pemain jebolan akademi La Masia, Xavi sempat membela tim senior Barcelona dari 1998-2015. Dalam kurun waktu tersebut, Xavi turun dalam 767 penampilan dengan raihan 85 gol dan 184 assist.

Berkat bantuan gol dan assist Xavi, Barcelona dalam periode itu mendapatkan 25 trofi. Dari 25 trofi itu, delapan gelar di antaranya merupakan trofi Liga Spanyol.

(FID)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close