BeritaInternasionalNasionalPolitik

Fadli Zon : Pentingnya Gender Sensitivity dalam Pengambilan Keputusan Politik

BIMATA.ID, Tangerang – Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI, Fadli Zon, menyoroti pentingnya peran perempuan dalam proses pengambilan keputusan, khususnya dalam konteks sensitivitas gender.

Hal ini disampaikan Fadli Zon kepada media usai mengikuti acara ‘Capacity Building Workshop on Advocacy and Communication to Promote Women’s Participation in Politics’ di Gading Serpong, Tangerang, Kamis (5/10/2023).

“Saya meyakini bahwa isu kesetaraan gender menjadi semakin penting dalam dunia politik, terutama dalam pengambilan keputusan yang harus memperhatikan faktor gender,” ujar Fadli.

Baca Juga : Ketua Relawan YIM Sebut Prabowo Butuh Sosok Yusril Untuk Dampingi di Pilpres 2024

Fadli berharap partisipasi politik perempuan dapat terus meningkat. Meskipun sudah ada peningkatan dari 18% menjadi hampir 22%, menurutnya, hal ini masih jauh dari target yang diinginkan, yaitu mencapai 30%.

“Kami berharap bahwa pada Pemilu 2024, partisipasi politik perempuan dan representasi mereka di Parlemen dapat terus meningkat sebagai bagian dari upaya afirmatif di dunia politik,” lanjutnya.

Dia juga mencatat bahwa saat ini banyak perempuan anggota Parlemen dari DPR yang aktif berpartisipasi dalam forum-forum internasional.

Simak Juga : Alim Ulama se-Madura Doakan Prabowo Jadi Presiden 2024

Menurutnya, hal ini memberikan optimisme bahwa peran perempuan dalam politik, termasuk dalam forum-forum internasional, semakin berkembang, terutama melalui perwakilan DPR.

“Kami melihat adanya kehadiran anggota Parlemen perempuan dalam berbagai komite dan komisi Internasional seperti ‘Women Parliamentarians’, APPF, AIPA, dan lainnya. Oleh karena itu, kita harus terus meningkatkan kapasitas dan memberikan lebih banyak kesempatan bagi anggota Parlemen perempuan untuk berpartisipasi dan hadir dalam forum-forum internasional guna meningkatkan pengalaman mereka,” jelasnya.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close