BeritaEkonomiRegional

BI : Komoditas Beras Sumbang Inflasi Sebesar 0,3 Persen

BIMATA.ID, Lampung – Deputi Kepala Perwakilan BI Lampung Irfan Farulian Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Lampung menyebutkan bahwa komoditas beras menyumbang inflasi pada September 2023 sebesar 0,312 persen.

“Dilihat dari sumbernya inflasi pada September 2023 didorong oleh peningkatan harga pada beberapa komoditas, salah satunya beras dengan andil inflasi sebesar 0,312 persen bila dilihat dari bulan per bulan,” kata Irfan, dikutip dari antaranews, Rabu (04/10/2023).

Baca Juga : Prabowo Terima Kunjungan Kepala Kepolisian Palestina

Dia menjelaskan, kenaikan harga beras disumbang oleh kenaikan harga beras medium yang meningkat 13,08 persen dari bulan per bulan di penggilingan dibanding bulan sebelumnya yang hanya sebesar 5,48 persen.

“Kenaikan ini terutama dipengaruhi oleh faktor tekanan dari sisi permintaan dari Pulau Jawa akibat dampak El Nino di tengah prognosis peningkatan produksi beras Lampung pada triwulan III 2023,” ucapnya.

Dia menjelaskan, Indeks Harga Konsumen (IHK) gabungan di dua kota di Provinsi Lampung pada September 2023 tercatat mengalami inflasi sebesar 0,33 persen bulan per bulan atau jauh lebih tinggi bila dibandingkan dengan periode Agustus 2023 yang mengalami inflasi sebesar 0,30 persen.

“Untuk komoditas penyumbang inflasi di September selain beras ada bensin dengan andil 0,064 persen, akademi atau perguruan tinggi sebesar 0,032 persen, daging ayam ras 0,029 persen, biaya pulsa ponsel dengan andil 0,018 persen,” jelasnya.

Menurut dia, tingkat inflasi yang masih terkendali tersebut pada September 2023 didukung oleh adanya deflasi pada sebagian komoditas, antara lain telur ayam ras dengan persentase 0,074 persen, bawang merah 0,026 persen, bawang putih 0,021 persen, minyak goreng 0,020 persen, dan cabai rawit sebesar 0,016 persen.

“Inflasi IHK gabungan kota di Provinsi Lampung akan tetap terjaga pada rentang sasaran inflasi tiga plus minus satu persen dari tahun ke tahun sampai akhir 2023. Dan perlu pula dilakukan upaya mitigasi atas beberapa risiko seperti adanya guncangan permintaan atas adanya ekses likuiditas, kenaikan UMP 2023, dan adanya momen tahun politik,” terangnya.

Simak Juga : Sebut Iwan Bule Orang Dekat Prabowo, Raffi Ahmad: Saya Ikut Apa Kata Beliau

Selanjutnya adanya risiko rendahnya capaian pemulihan daya beli masyarakat yang berpotensi menyebabkan kenaikan inflasi inti. 

Sedangkan dari volatile food adanya risiko meningkatnya harga komoditas hortikultura pada periode tanam, pendistribusian beras di Lampung yang tidak merata akibat tingginya permintaan dari Pulau Jawa yang perlu dimitigasi dengan penguatan HPP.

 “Yang harus dilakukan sebagai langkah mitigasi yaitu dengan menjaga keterjangkauan harga, memperkuat ketersediaan pasokan, menjaga kelancaran distribusi, dan kelancaran komunikasi efektif,” pungkasnya.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close