BeritaNasional

Wapres : Industri Baja Nasional Tingkatkan Kapasitas Produksi Nasional

BIMATA.ID, Jakarta – Wakil Presiden Republik Indonesia (Wapres RI) Ma’ruf Amin meminta industri baja nasional terus meningkatkan kapasitas produksi guna memenuhi kebutuhan dalam negeri.

“Jangan sampai kebutuhan (baja) yang besar ini dipenuhi dari impor,” kata Ma’ruf, dikutip dari antaranews, Jumat (29/09/2023).

Wapres menerangkan bahwa  industri baja adalah pendukung utama pembangunan infrastruktur yang saat ini sedang berkembang, di antaranya pembangunan jalan tol, bandara, pelabuhan, jalur kereta api, pembangkit listrik, kilang minyak, termasuk proyek pembangunan Ibu Kota Nusantara.

Oleh karena itu, kata dia, kapasitas produksi baja dalam negeri harus terus ditingkatkan untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Baca Juga : Prabowo Datangi Perayaan Ultah ke – 76 Luhut Binsar : Dia Salah Satu Jendral Terbaik TNI AD

Wapres menyampaikan dalam lima tahun terakhir seiring dengan masifnya pembangunan, kebutuhan baja nasional terus meningkat hingga lebih dari 40 persen.

Sehubungan dengan hal tersebut, Wapres pun menekankan beberapa hal terkait upaya peningkatan kemandirian industri baja nasional.

“Pertama, terapkan secara tegas dan konsisten Tingkat Kandungan Dalam Negeri dan wajib Standar Nasional Indonesia untuk produk baja, dalam rangka mendukung pembangunan nasional dan mewujudkan kemandirian industri dalam negeri,” ujarnya.

Ia menilai ketegasan ini semakin diperlukan mengingat pemerintah sangat intensif mengeksplorasi berbagai proyek infrastruktur, termasuk pembangunan IKN, dan program kendaraan listrik.

Kedua, Wapres menyoroti tingkat emisi gas rumah kaca yang dihasilkan industri baja. Pada tahun 2022, industri baja menyumbang sekitar 7 persen dari emisi gas rumah kaca global.

Wapres pun meminta agar para pelaku industri baja turut mengaplikasikan konsep industri hijau sebagai upaya melestarikan lingkungan dan sumber daya berkelanjutan.

“Untuk menuju emisi nol bersih di tahun 2060 atau lebih cepat, saya minta industri baja nasional menjadi bagian integral dari ekonomi sirkular, yang melaksanakan konsep industri hijau, di mana proses produksinya mengutamakan efisiensi dan efektivitas penggunaan sumber daya secara berkelanjutan, serta memanfaatkan sampah sebagai energi alternatif,” jelas Wapres.

Di sisi lain, Wapres juga meminta agar industri baja berupaya meningkatkan keterlibatan UMKM.

Simak Juga : Hashim Sampaikan Salam Prabowo kepada Ulama Ponpes Al Falah di Acara Maulid

Wapres memaparkan, berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM, saat ini keterlibatan sektor UMKM pada rantai pasok industri hanya sekitar 7 persen.

Angka ini masih jauh tertinggal dari beberapa negara ASEAN.

“Sebagai salah satu industri yang memiliki efek berganda, industri baja nasional saya minta untuk menyediakan program dan insentif untuk memajukan UMKM, dan mendukung UMKM untuk dapat masuk ke rantai pasok industri,” pungkasnya.

Terakhir, Wapres menyampaikan harapannya, agar PT Lautan Baja Indonesia (LBI) melalui pabrik yang baru ini dapat membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat, serta bisa memenuhi kebutuhan baja nasional hingga global.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close