BeritaEkonomiRegionalUMKM

Tina Wiryawati Beri Pembinaan ke Pelaku UMKM di Jawa Barat

BIMATA.ID, Ciamis – Anggota Komisi I DPRD Jabar Fraksi Partai Gerindra, Hj Tina Wiryawati memberikan edukasi terhadap para pelaku UMKM di Kabupaten Ciamis, Jabar. Kegiatan yang terpusat di aula Kantor Kecamatan Cijeungjing, Senin (25/9/2023), menghadirkan langsung narasumber berkompeten seperti Konsultan UMKM hingga Aktivis Penggerak Pendidikan dan Ekonomi.

Menurut Anggota DPRD Jabar, Hj Tina Wiryawati, jika sosialisasi dilakukan untuk meningkatkan pemahaman pelaku UMKM terhadap pentingnya legalitas produk usahanya. Sehingga ke depan mampu mengembangkan bisnis agar lebih maju.

“UMKM adalah tiangnya perekonomian, yang merupakan unsur penting dalam sebuah pembangunan,” kata Hj Tina Wiryawati.

Baca juga: Menhan Prabowo Hadiri Acara “The 93rd National Day of the Kingdom of Saudi Arabia”

Oleh sebab itu, Ia menekankan pentingnya mematuhi peraturan dan perundang-undangan terkait legalitas produk UMKM. Bahkan Tina juga memaparkan manfaat yang dapat diperoleh para pelaku UMKM, jika produk usaha yang dihasilkan memiliki legalitas yang sah.

“Kalau legalitas produk dan usahanya itu sah, maka dapat meningkatkan kepercayaan terhadap konsumen. Bahkan akses ke pasar yang lebih luas terbuka lebar,” imbuhnya.

Sementara Konsultan UMKM, Faisal Hasan Basri berbagi ilmu soal proses perizinan dan cara mengoptimalkan legalitas bagi produk UMKM. Sehingga penting bagi UMKM untuk memahami, bahwa proses perizinan adalah langkah awal menuju kesuksesan.

Lihat juga: Prabowo Hadiri Hari Nasional Arab Saudi Ke-93

“Ini termasuk izin usaha, izin lingkungan, dan izin kesehatan yang harus diperhatikan dengan seksama,” kata Faisal Hasan Basri sekaligus sebagai Coach di Tina Wiryawati Center (TWC).

Ia menjelaskan, NIB adalah identifikasi resmi yang akan membuka pintu akses ke berbagai program dan layanan pemerintah. Ini adalah langkah kunci dalam mengukuhkan usaha UMKM.

“Tentang Kredit Usaha Rakyat atau KUR, ini adalah peluang finansial yang tidak boleh dilewatkan oleh UMKM. Jadi dengan persyaratan yang jelas, dapat membantu UMKM dalam mengembangkan usaha mereka secara signifikan,” ujarnya.

Simak juga: PTMI 08: Dukungan Solid untuk Prabowo Subianto di Pilpres 2024

Pihaknya memberikan pula cara praktis kepada para peserta, mengenai langkah-langkah yang dapat diambil untuk memastikan produk UMKM memenuhi semua persyaratan hukum.

Kasi Perekonomian Kecamatan Cijeungjing, Gina Hayati berharap, sosialisasi dapat memberikan pemahaman yang lebih baik kepada UMKM, tentang pentingnya legalitas produk dan berbagai proses yang harus diikuti untuk meningkatkan pertumbuhan bisnis.

“Semoga semakin meningkatnya kesadaran akan legalitas produk, diharapkan UMKM di Kabupaten Ciamis dapat tumbuh dan berkembang lebih baik,” tukasnya.

Simak juga: Pesan Untuk Relawan PTMI 08, Fauzy Baadilla: Kita Sampaikan Kebaikan Pak Prabowo

Pada sesi tanya jawab, seorang peserta yakni Ani sangat apresiasi terhadap sosialisasi tersebut. “Kami sekarang lebih memahami pentingnya legalitas produk. Ini akan membantu kami memperluas pasar dan meningkatkan kepercayaan pelanggan,” kata Ani yang juga pedagang Kicimpring di Ciamis.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close