BeritaNasionalPolitik

Survei Polling Institute: Prabowo Unggul di Gen Z dan Milenial, Ganjar Cenderung di Orang Tua

BIMATA.ID, Jakarta – Nama Prabowo Subianto unggul di usia masyarakat gen z dan milenial dibandingkan Ganjar Pranowo dalam rilis survei nasional Polling Institute, pada kategori ‘Pemilihan Presiden Menurut Demografi’.

Prabowo mencapai 44,3% dibandingkan Ganjar hanya mendapat 30,9% pada usia di bawah 21 tahun. Lalu, Prabowo unggul sebanyak 43,3% dan Ganjar memperoleh 36% pada usia 22-25 tahun.

Dukungan terhadap Prabowo juga lebih kuat pada masyarakat usia 26-40 tahun, yakni dengan capaian 38,4% dibandingkan Ganjar hanya 31,4%.

Baca juga: Prabowo: Upaya Pembinaan Olahraga Harus Dibawa ke Arah yang Lebih Tinggi

Dalam hal ini, Ganjar hanya tinggi pada usia tua kategori 41-55 tahun dengan 31,6% sedangkan Prabowo 28,8%. Kemudian, pada usia lebih dari 55 tahun keduanya terpaut selisih 2,1%, yakni Ganjar 34,7% dan Prabowo 32,6%.

“Prabowo unggul di kalangan gen z dan milenial sedangkan Ganjar cukup merata dukungannya, meskipun juga ada bias di kalangan pemilih tua,” ujar Peneliti Polling Institute Kennedy Muslim dalam siaran persnya di YouTube Polling Institute, Minggu (10/9).

Kemudian, Peneliti Politik Indonesia dari Harvard University Seth Soderborg, menjelaskan pasca pemilihan presiden 2014, kaum muda kelahiran setelah 1997 paling banyak mendukung Prabowo.

Lihat juga: Prabowo Ungkap Cerita Keaktifan di Pencak Silat, Judo, Karate hingga Terjun Bebas

“Mereka yang lahir setelah 1997 itu kelompok yang paling mendukung Prabowo. Karena itu, Gerindra jadi lebih kuat di antara kaum muda dari 2019,” kata Seth

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close