BeritaPolitikRegional

Siap Sukseskan Pemilu 2024, Pemkab Purbalingga Gelar Kegiatan Penguatan Karakter dan Wawasan Kebangsaan

BIMATA.ID, Purbalingga – Dalam rangka mensukseskan pergelaran Pemilihan Umum (Pemilu), dan Pilkada serentak 2024. Direktorat Bina Ideologi,Karakter dan Wawasan Kebangsaan bekerjasama dengan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Purbalingga menggelar Kegiatan Fasilitasi Penguatan Karakter dan Wawasan Kebangsaan Dalam Membangun Harmoni Kebangsaan di Hotel Owabong Purbalingga, Kamis (21/09/2023).

Kepala Badan Kesbangpol Purbalingga, Pandi mengatakan, bahwa kegiatan ini menjadi penting karena sebentar lagi Indonesia akan menghadapi pesta demokrasi pilkada serentak 2024.

“Sehingga dengan diselenggarakannya kegiatan pada hari ini semakin menguatkan karakter dan wawasan kebangsaan dalam rangka mensukseskan pemilu 2024,” ungkap Kepala Badan Kesbangpol Purbalingga, Pandi di Hotel Owabong Purbalingga, Kamis (21/09/2023).

Baca juga: Survei JJI: Prabowo-Airlangga Kalahkan Anies-Muhaimin dan Ganjar-Erick

Pandi menjelaskan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purbalingga melalui Kesbangpol telah melaksanakan berbagai kegiatan, serta upaya untuk meningkatkan partisipasi politik masyarakat.

“Seperti sosialisasi deteksi dini penanganan konflik sosial, penguatan ideologi pancasila, sosialisasi P4GN, pemantauan kelancaran penyelenggaraan pemilu, serta sosialisasi pendidikan politik bagi pemilih pemula yang kita laksanakan di sekolah-sekolah,” jelasnya.

Sekedar informasi, kegiatan tersebut digelar bertujuan untuk mengantisipasi, dan belajar dari penyelenggaraan pemilu serentak 2019, dimana banyak diwarnai oleh konflik-konflik sosial yang dibumbui dengan berita hoax terkait isu-isu SARA (suku, agama, ras, dan antar golongan. Maka dari itu, pesta demokrasi 2024 harus memiliki persiapan yang lebih matang.

Lihat juga: Prabowo Raih Penghargaan Tokoh Peneguh Kedaulatan Negara di Detikcom Awards 2023

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close