Politik

Sasar Pemilih di Ormas Islam, Prabowo Tetap Unggul Versi Survei LSI Denny JA

BIMATA.ID, Jakarta – Hasil survei LSI Denny JA teranyar mengungkap bahwa di kalangan pemilih NU, Muhammadiyah dan Ormas Islam, bacapres Prabowo Subianto unggul telak melawan Ganjar Pranowo.

“Di NU kesukaan terhadap Prabowo dan Ganjar bersaing ketat. Prabowo mendapat 79,4 persen sedangkan Pak Ganjar 79,2 persen. Selisih 0,2 persen,” kata Peneliti LSI Denny JA Ardian Sopa dalam konferensi pers virtual, Selasa (19/9/2023).

Kemudian, jika merajuk pada simulasi tiga kandidat capres yang mengemuka saat ini pun Prabowo masih paling populer di kalangan Ormas Islam ketimbang Ganjar dan Anies.

“Tingkat popularitas Prabowo di Muhammadiyah dan Ormas Islam lainnya mencapai 100 persen. Sedangkan di NU, tingkat popularitas Prabowo berada di angka 98 persen, unggul dari Ganjar di angka 85,9 persen dan Anies di angka 87,4 persen,” ujarnya.

Sementara pada skala Ormas lainnya, posisi Prabowo juga menduduki urutan pertama daripada Ganjar maupun Anies.

“Di ormas lainnya, Prabowo unggul dengan dukungan sebesar 29,8% kemudian Anies 19,9% dan Ganjar 14,5%,” katanya.

Penelitian ini dilakukan pada periode 1-8 Agustus 2023 dengan menggunakan metodologi multistage random sampling dengan total sejumlah 1.200 responden yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Adapun, metode yang dilakukan melalui tahapan wawancara secara tatap muka dengan margin of error sebesar 2,9 persen.

[HW]

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close