BeritaEkonomiNasionalPolitikRegionalUMKM

Rahmat Gobel Sebut Ekonomi Desa Harus Diperkuat untuk Jaga NKRI

BIMATA.ID, Jakarta – Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel menghadiri acara Hulonthalo Art & Craft Festival yang digelar oleh perwakilan Bank Indonesia, di Gorontalo pada beberapa waktu lalu.

Dalam kegiatan acara tersebut Rahmat Gobel mengingatkan agar dalam pembuatan kebijakan di bidang ekonomi haruslah untuk memperkuat Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Jangan pilih kebijakan ekonomi yang melemahkan NKRI, yang menghancurkan kita sendiri. Pilih ekonomi yang memperkuat NKRI,” kata Rahmat Gobel, dilansir melalui website resmi DPR RI, Senin (18/09/2023).

Baca Juga : Fauzy Baadilla Ajak Relawan Hopeng Prabowo Menangkan Pak Prabowo di Basis-Basis Etnis Tionghoa

Dalam sambutannya, Gobel menceritakan saat kecil ia teringat pesan Jenderal M Jusuf, yang waktu itu menjabat Menhankam/Pangab. Kala itu, kenang Gobel, Jenderal Jusuf ditanya anggota DPR tentang kondisi peralatan tempur Indonesia yang terbatas sehingga rawan infiltrasi dan serangan asing.d

“Jusuf menjawab bahwa pertahanan terbaik adalah di desa. Tentu saat itu konteksnya adalah perang gerilya. Di era perang dagang pun pertahanan terbaik tetap di desa, tapi pertahanan tersebut dalam bentuk ekonomi,” cerita Pimpinan Koordinator Bidang Industri dan Pembangunan (Korinbang) ini.

Dalam konteks itu, tambah Legislator NasDem tersebut, ekonomi desa bertumpu pada pertanian, perikanan, perkebunan, dan UMKM. Menurutnya, kesuksesan di sektor pangan membuat kebutuhan dasar nasional terjamin dan tidak tergantung pada pasokan asing. Dengan demikian, masyarakat tidak akan kelaparan dan terjamin logistik nasional.

Simak Juga : Relawan Hopeng Prabowo Resmi Deklarasi Dukung Prabowo di Pilpres 2024

Pada sisi lain, tegasnya, UMKM menyerap tenaga kerja yang sangat besar, lebih dari 90% tenaga kerja berada di sektor UMKM. Kontribusi UMKM terhadap PDB juga masih dominan, yaitu sekitar 60%. “Jadi, menjaga ekonomi desa, yaitu sektor UMKM, pertanian, perikanan, dan perkebunan adalah pilihan terbaik dalam kerangka menjaga NKRI. Itulah makna strategisnya,” tandasnya.

Melalui pendekatan itu, kata Gobel, maka mayoritas rakyat Indonesia akan terangkat ekonomi dan kesejahteraannya. “Ini juga akan menciptakan pemerataan ekonomi. Penguatan koperasi juga sangat strategis sebagai instrumen kelembagaannya. Jika itu terjadi maka NKRI menjadi kuat dan tangguh,” pungkasnya.

Sebagaimana diketahui, acara Hulonthalo Art & Craft Festival diikuti segenap pelaku UMKM di Gorontalo seperti produk pangan dan kerajinan Gorontalo. Acara yang mengusung tema Bangga Buatan Indonesia dan Gemar Berwisata di Indonesia tersebut juga dimeriahkan fashion show kain sulam Karawo yang merupakan produk khas Gorontalo yang sudah mendunia.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close