BeritaNasionalPeristiwa

Pengamat: Inovasi BUMN Karya di IKN Jadi Role Model Pembangunan

BIMATA.ID, JAKARTA – Pengamat infrastruktur, Yayat Supriatna dari Universitas Trisakti mengatakan, inovasi hunian pekerja konstruksi dan perencanaan pembangunan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara dengan menggunakan teknologi building information modelling (BIM) oleh BUMN karya seperti PT Wijaya Karya (Persero) Tbk atau WIKA menjadi role model dalam pembangunan infrastruktur.

“Konsep-konsep ini menjadi catatan sejarah, bagaimana membangun kota baru yakni IKN yang dimulai dengan metode serta teknologi konstruksi yang berbeda dengan pembangunan-pembangunan sebelumnya,” ujar Yayat pada saat dihubungi di Jakarta, Sabtu (11/03/2023).

Menurutnya, pembangunan konsep tempat tinggal atau hunian bagi pekerja konstruksi IKN tersebut telah menjadi konsep bagi masa depan.

Baca juga: Gerindra Yakin Prabowo Bisa Kalahkan Suara Anies di NTB

Selain itu, dari sisi desain, dan teknologinya yang meliputi elemen smart city, green building, dan lainnya bisa dikembangkan dan menjadi sebuah role model baru.

Kemudian, perencanaan pembangunan IKN dengan menggunakan teknologi BIM oleh BUMN karya itu harus menjadi inovasi baru dalam perencanaan yang smart dan inovatif.

“Di sini lah inovasi yang diberikan oleh BUMN karya untuk mampu menghasilkan yang terbaik di dalamnya,” ungkapnya.

Lihat juga: Demokrat Jawa Barat Lebih Sreg dengan Prabowo Subianto Dibanding Ganjar Pranowo

Sekedar informasi, WIKA, melalui entitas anak usaha PT Wijaya Karya Bangunan Gedung Tbk (WIKA Gedung), hampir merampungkan pembangunan hunian pekerja konstruksi di IKN, dengan menggunakan teknologi modular.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close