BeritaNasionalPolitik

Gibran Cawapres, Jokowi Head To Head Melawan Megawati

BIMATA.ID, JAKARTA – Manuver Presiden Joko Widodo (Jokowi) melalui Mahkamah Konstitusi (MK) yang diduga ingin memajukan putra sulungnya, Gibran Rakabuming Raka menjadi calon wakil presiden (Cawapres) yang disandingkan dengan Prabowo Subianto.

Berdasarkan wacana yang beredar, hal itu dinilai sebagai sikap politik Jokowi melawan Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri.

Menanggapi hal itu, Direktur Studi Demokrasi Rakyat (SDR), Hari Purwanto menilai, Jokowi pada saat ini memiliki kekuatan politik guna melawan PDIP, dan Megawati.

Baca juga: Fahri Hamzah: Prabowo Sosok Pemersatu Bangsa

“Kalau bisa dibilang ya kuat. Karena Jokowi sudah menjadi Presiden RI dua periode,” ujar Hari kepada awak media di Jakarta, Kamis (14/09/2023).

Menurutnya, ketika Jokowi menjadi presiden selama dua periode memang tidak terlepas dari peranan PDIP.

Namun, manuver yang dilakukan Jokowi beberapa waktu belakangan ini nampak melawan Megawati. Termasuk, dengan adanya uji materiil yang dilayangkan PSI, dan beberapa individu masyarakat, terkait batas usia minimum Capres – Cawapres.

Lihat juga: Prabowo Pastikan Pengumuman Cawapres sebelum 10 Oktober

“Artinya, jika dia berkehendak untuk menjadikan Gibran Wapres, bisa diartikan Jokowi head to head dengan Megawati,” pungkasnya.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close