BeritaNasionalPolitikRegional

Aminurokhman Dorong KPU Berikan Fasilitas Pemilihan untuk Mahasiswa di Luar Daerah

BIMATA.ID, Jakarta – Anggota Komisi II DPR RI, Aminurokhman, mengajukan usulan kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk lebih memperhatikan penyediaan Tempat Pemilihan Suara (TPS) khusus di lokasi seperti kampus-kampus. Dia mengingatkan bahwa pemilih muda akan memiliki dampak signifikan pada total pemilih nasional dalam pemilu mendatang.

Usulan ini disampaikan oleh Aminurokhman setelah melakukan kunjungan kerja reses bersama Komisi II DPR RI di Surabaya, Jawa Timur. “Selama kunjungan saya di Surabaya, saya mencatat bahwa TPS khusus hanya tersedia di beberapa lokasi tertentu, seperti di lembaga pemasyarakatan (lapas), dan hanya jika ada permintaan khusus,” ungkapnya usai kunjungan ke Kantor Gubernur Jawa Timur pada Kamis (5/10).

Baca Juga : Ketua Relawan YIM Sebut Prabowo Butuh Sosok Yusril Untuk Dampingi di Pilpres 2024

Aminurokhman, seorang legislator yang mewakili Dapil Jawa Timur II, memperhatikan fenomena serupa di Surabaya dan kota-kota besar lainnya. Banyak mahasiswa yang tinggal di luar kota tempat mereka berkuliah, dan mereka menghadapi kesulitan untuk kembali ke tempat asal mereka agar bisa memilih.

Aminurokhman menekankan pentingnya KPU untuk meminimalisir kendala ini. Dia mengatakan, “KPU harus memastikan bahwa pemilih yang berada dalam situasi seperti ini tidak kehilangan hak pilihnya karena tidak ada fasilitas yang disediakan oleh KPU.”

Simak Juga : Alim Ulama se-Madura Doakan Prabowo Jadi Presiden 2024

Usulan ini menurutnya sangat perlu dipertimbangkan. Aminurokhman mencontohkan Surabaya sebagai contoh, yang memiliki banyak perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta, dengan potensi pemilih muda mencapai puluhan ribu orang. Jika KPU tidak menyediakan fasilitas yang memadai, dia berpendapat bahwa hal tersebut akan mengurangi keadilan dalam hak warga negara untuk memilih, dan negara akan kehilangan potensi besar.

“Terlebih lagi, mahasiswa memiliki kapasitas kritis yang tinggi, sehingga jika mereka tidak memiliki akses yang memadai ke pemilu, hal ini akan menjadi sangat disayangkan. Oleh karena itu, kami mendukung pembentukan TPS khusus ini,” tegas politisi dari Partai NasDem ini.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close