BeritaHukumNasionalPolitik

DPR Menguji Kelayakan dan Kepatutan Calon Hakim Secara Profesional

BIMATA.ID, Jakarta – Komisi III DPR RI resmi menggelar uji kelayakan dan kepatutan atau fin and proper test terhadap tujuh calon Hakim MK. Ketua Komisi III DPR RI Bambang Wuryanto menjelaskan, uji kelayakan dan kepatutan akan menjaring calon hakim MK dari berbagai latar belakang berdasarkan aspek kepatutan. Dia pun mengungkapkan bahwa uji kelayakan dan kepatutan terhadap calon hakim MK dilangsungkan secara terbuka untuk umum.

Para calon hakim tersebut antara lain, Reny Halida Ilham Malik, Firdaus Dewilmar, Elita Rahmi, Aidul Fitriciada Azhari, dan Abdul Latif, Haridi Hasan dan Arsul Sani. “Kan ini fit and proper test terbuka,” kata Bambang Pacul, di Gedung Nusantara II, Jakarta, Selasa (26/9/2023).

Baca Juga : Duet Prabowo Ganjar, Pakar Politik : Itu Opsi Terakhir Bagi Dua Koalisi

Uji kelayakan dan kepatutan terhadap calon hakim MK berlangsung pada Senin-Selasa (25-26 September 2023). Pada hari terakhir, rencananya Komisi III DPR akan mengambil keputusan dan penetapan calon hakim konstitusi dari unsur DPR RI. Anggota Komisi III DPR RI Arsul Sani menjadi salah satu calon hakim MK. Bambang Pacul Menegaskan uji kelayakan dan kepatutan yang digelar Komisi III dijalankan secara profesional.

“Fit and proper itu artinya fit itu pas, proper patut. Patut apa enggak pasti punya ukuran. Hari ini yang susah adalah membuat kepatutan, itu patut apa nggak tadi. Nah, fit itu mampu nggak iki, udah fit belum dengan jabatannya kan begitu loh. Jadi, kau jangan menanyakan asal latar belakang dari mana,” papar Bambang Pacul.

Simak Juga : PTMI 08: Dukungan Solid untuk Prabowo Subianto di Pilpres 2024

Uji kelayakan dan kepatutan terhadap para calon Hakim Mahkamah Konstitusi tersebut untuk menggantikan posisi Wahiduddin Adams. “Dengan telah berakhirnya uji kelayakan terhadap saudara Prof. Abdul Latif maka berakhir pula acara uji kelayakan pada hari ini,” kata Wakil Ketua Komisi III DPR Adies Kadir menutup jalannya uji kelayakan dan kepatutan pada hari pertama di ruang rapat Komisi III DPR RI.

Sementara dua calon hakim MK lainnya, yakni Haridi Hasan dan Arsul Sani akan mengikuti uji kelayakan dan kepatutan yang digelar pada Selasa (26/9) siang. “Dan uji kelayakan akan dilanjutkan besok pada pukul 14.00 (WIB),” ujarnya.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close