BeritaHukumNasionalPolitikRegional

Totok Hariyono Ingatkan Bawaslu Kabupaten/Kota Jangan Ragu Copot Alat Peraga Kampanye yang Melanggar Aturan

BIMATA.ID, Bogor – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) mengakhiri Pelatihan Penguatan Kompetensi Anggota Bawaslu Kabupaten/Kota Periode 2023-2028 di Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) BNN, Kabupaten Bogor, Minggu (27/08/2023) kemarin.

Dalam penutupan kegiatan tersebut, Anggota Bawaslu Totok Hariyono mengingatkan kepada jajaran Bawaslu kabupaten/kota agar tidak ragu untuk menertibkan Alat Peraga Kampanye (APK) peserta pemilu yang melanggar aturan.

“Copot APK itu bukan pekerjaan yang sia-sia. Itu sebagai salah satu simbol penegakan hukum yang dilakukan Bawaslu,” kata Totok Hariyono, dikutip dari website resmi Bawaslu RI, Senin (28/08/2023). 

Baca Juga : Prabowo Tinjau Kesiapan Muktamar Sufi Internasional di Pekalongan

Dikatakan Totok, tindakan yang dilakukan Bawaslu sebagai pengingat kepada peserta pemilu untuk menaati aturan yang berlaku. Salah satunya Perbawaslu Nomor 33 Tahun 2018 tentang Perubahan Atas Peraturan Badan Pengawas Pemilu Nomor 28 Tahun 2018 tentang Pengawasan Penyelenggaraan Pemilu.

“Peserta pemilu sebagai calon negarawan jangan masang APK di tempat terlarang, tempat membahayakan dan merusak lingkungan. Karena itu melanggar aturan,” tegasnya.

Simak Juga : Pilpres 2024 Relawan KIPRA Dukung Prabowo, Fauzi Baadilah: Kita Semakin Kuat!

Penertiban APK juga tercantum dalam Peraturan Daerah (Perda) Nomor 26 tahun 2003 tentang Ketertiban, Kebersihan, dan Keindahan (K3), Perbup 3 Tahun 2016 tentang Tata Cara Izin Penyelenggaraan Reklame. Lalu dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia Nomor 28 tahun 2018 tentang Perubahan Atas Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 23 Tahun 2018 Tentang Kampanye Pemilihan Umum.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close