BeritaNasionalPolitik

Saan Mustopa Apresiasi KPU Kota Semarang atas Peningkatan Petugas Pemilu Muda

BIMATA.ID, Jakarta – Wakil Ketua Komisi II DPR RI Saan Mustopa menyampaikan apresiasinya terhadap kinerja Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Semarang yang telah berhasil meningkatkan kepesertaan pemuda menjadi tenaga Ad Hoc Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Hal ini disampaikan Saan Mustopa kepada media Parlemen, usai dirinya memimpin Kunjungan Kerja Spesifik (Kunspek) ke Kota Semarang, Jawa Tengah, Jumat (25/08).

“Ini tentu ini sangat positif ya, keterlibatan anak-anak muda, keterlibatan generasi-generasi milenial, generasi Z untuk terlibat dalam proses persiapan pemilu. Dan juga bukan hanya tingkat partisipasi mereka, tapi juga mereka terlibat dalam semua proses di dalam tahapan Pemilu,” ujar Saan.

Baca Juga : Prabowo Bertemu Menhan AS di Pentagon, Bahas Manuver China

Menurutnya, pemanfaatan partisipasi pemuda dalam menjadi tenaga Ad Hoc merupakan hal yang baik. Selain secara demografi, jumlah mereka tertinggi, tingkat kebugaran fisik dan ketelitian mereka bisa dibilang tinggi.

“Kita kan belajar dari 2019 lalu, di tahun 2019 banyak yang jadi korban (meninggal), banyak yang sakit dan itu nggak boleh terulang. Maka proses rekrutmen di penyelenggara ad hoc itu penting dan usia kalau misalnya banyak anak muda yang tertarik menjadi penyelenggara itu bagus,” terangnya.

Jelang Pemilu 2024, Komisi II diketahui telah meninjau langsung guna mengetahui dan memastikan persiapan yang dilakukan di daerah. Salah satunya adalah kota Semarang, Jawa Tengah. Saan Mustopo menilai kota Semarang relatif siap dalam menyelenggarakan Pemilu 2024.

Simak Juga : KPU: Saat ini Anies, Ganjar, Prabowo Itu Belum Jadi Siapa-siapa

“Dari semua yang sudah disampaikan baik oleh KPU baik oleh Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) dan juga Pemerintah Kota Semarang dari sisi teknis, maupun hal-hal yang lainnya apa semua dilakukan dengan baik. Dan juga tahapan yang akan datang juga disiapkan dengan baik. Secara umum untuk menghadapi Pemilu 2024 yang akan datang, Kota Semarang relatif jauh lebih siap,” imbuhnya.

Melihat persiapan pemilu yang apik oleh KPU dan Bawaslu Kota Semarang, Saan Mustopa berharap agar Pemerintah Kota Semarang juga terus meningkatkan kolaborasi, sinergi, serta dukungan terhadap semua tahapan penyelenggaraan pemilu. Dalam kunjungan ini, Komisi II juga mengingatkan agar ASN di Semarang senantiasa menjaga netralitas dalam pemilu ini.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close