Nasional

Peringati Hari Konstitusi, Novita Wijayanti: Refleksi Perjalanan Bangsa

BIMATA.ID, Jakarta – Hari Konstitusi yang diperingati pada 18 Agustus harusnya tak sekadar penghormatan semata, tetapi merupakan momentum penting untuk merenungkan prinsip-prinsip dasar negara, hak-hak warga serta keseimbangan kekuasaan dalam sistem pemerintahan.

Hal ini diungkapkan Anggota DPR RI Fraksi Gerindra Novita Wijayanti dalam rangka memperingati Hari Konstitusi, Jumat (18/8/2023).

Novita berpandangan bahwa peringatan Hari Konstitusi merupakan panggilan untuk menghargai dan menjaga prinsip-prinsip demokrasi yang diukir dalam konstitusi sebagai pondasi kokoh negara dan pemerintahan.

“Peringatan Hari Konstitusi mengingatkan kita akan pentingnya menghormati dan menjaga prinsip-prinsip demokrasi yang diatur dalam konstitusi sebagai landasan berbangsa dan bernegara,” ujar Novita.

Novita berharap bahwa peringatan ini dapat mendorong masyarakat untuk merefleksikan perjalanan ketatanegaraan selama satu tahun terakhir dan membayangkan arah masa depan.

“Kita dapat memetik pelajaran baik dari masa lalu yang perlu dijaga, dan menghindari kesalahan yang sudah kita lewati. Melalui refleksi ini, kita dapat mengarahkan bangsa ini menuju peradaban yang lebih baik di masa yang akan datang,” papar anggota DPR RI yang mewakili Dapil Banyumas-Cilacap, Jawa Tengah ini.

Novita menyampaikan bahwa peringatan Hari Konstitusi juga menjadi panggilan untuk merenung sejarah pembentukan konstitusi yang telah memberi inspirasi pada partisipasi aktif warga dan menjaga integritas lembaga-lembaga negara.

“Semangat Hari Konstitusi ini seharusnya mendorong semua elemen masyarakat untuk memahami perjalanan sejarah pembentukan konstitusi, yang telah menginspirasi partisipasi warga dan menjaga keutuhan lembaga-lembaga negara,” tambahnya.

Novita juga berharap agar negara terus berkembang, adil, inklusif, dan berpegang pada nilai-nilai yang terkandung dalam konstitusi.

[HW]

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close