BeritaNasionalPolitikRegionalUmum

Implementasikan Kesepakatan Kerja Sama, Bawaslu Gelar Pelatihan di PPSDM BNN

BIMATA.ID, Bogor – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) gelar pelatihan Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Badan Narkotika Nasional (PPSDM BNN) di Bogor, Jawa Barat. Pelatihan ini menjadi bentuk kerja sama yang dituangkan dalam memorandum of understanding (MoU) bersama sejumlah Kementerian/Lembaga maupun Pemerintah Daerah diantaranya dengan Bawaslu pada tahun 2020.

Koordinator Divisi SDM, Organisasi, dan Diklat Bawaslu Herwyn JH Malonda menyampaikan kegiatan pelatihan pengawas pemilu yang diikuti oleh 1.914 peserta tersebut dilaksanakan di empat tempat berbeda yaitu, PPSDM BNN, PUSBANGPEG BKN, IPC Learning Centre, dan Hotel Green Forest.

“Melalui kerja sama dan dukungan antar instansi diharapkan dapat menyukseskan program pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika,” kata Herwyn, dikutip dari website resmi Bawaslu, Kamis (24/8).

Baca Juga : Gerindra DKI Yakin Prabowo Menang di Jakarta

Sebagaimana Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 2 Tahun 2020 tentang Rencana Aksi Nasional Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN), seluruh elemen masyarakat termasuk di dalamnya Pemerintah Daerah dan Kementerian/Lembaga dituntut untuk turut berperan aktif.

Dalam MoU tersebut, BNN dan Bawaslu bersepakat untuk melakukan penyebaran informasi tentang P4GN. Seperti melakukan deteksi dini, hingga peningkatan kapasitas sumber daya manusia maupun pemanfaatan sumber daya yang dimiliki kedua lembaga negara tersebut untuk dapat saling mendukung.

Simak Juga : Prabowo Kunjungi dan Sapa Mahasiswa Indonesia di Columbia University

Kerja sama dan dukungan tidak hanya dilakukan oleh Bawaslu, tetapi juga sebaliknya oleh BNN terhadap Bawaslu seperti pada kegiatan pelatihan Tupoksi dan Sosiokultural Bagi Anggota Bawaslu Kabupaten/Kota. Menindaklanjuti MoU yang telah disepakati berkaitan dengan pemanfaatan sumber daya yang dimiliki, kegiatan pelatihan Bawaslu tersebut dilangsungkan di Pusat Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) BNN.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close