BeritaNasionalPolitikRegional

Herwyn Dorong Bawaslu Kabupaten/Kota yang Baru Terlantik Jaga Marwah Pengawas Pemilu

BIMATA.ID, Jakarta – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) mengadakan Pelatihan Penguatan Kompetensi Anggota Bawaslu Kabupaten/Kota Periode 2023-2028 di Bogor. Dalam kegiatan pelatihan tersebut, Anggota Bawaslu Herwyn Jefler H Malonda mendorong agar seluruh jajaran yang baru terlantik dapat menjaga integritas lembaga.

Sebab, menurutnya, pelatihan ini dimaksudkan untuk memperkuat pengawasan pemilu menuju pengawasan tahapan Pemilu dan Pilkada Serentak Tahun 2024.

“Anggota Bawaslu daerah yang terpilih baik itu petahana ataupun yang baru harus jaga marwah pengawas pemilu,” kata Herwyn, dikutip dari website resmi Bawaslu RI, Kamis (24/8).

Baca Juga : Gerindra DKI Yakin Prabowo Menang di Jakarta

Kemudian Herwyn menyampaikan, sebagai pemimpin di Bawaslu Kabupaten/Kota perlu menjaga marwah salah satunya dengan memperbanyak pengetahuan tentang pemilu. Bahkan, lanjutnya, regulasi yang telah ada untuk melakukan tugas dan fungsi pengawasan.

“Orang yang mengawasi harus lebih pintar dari orang yang diawasi, perbanyak ilmu pengetahuan kepemiluan salah satu caranya,” ungkap pria asal Sulawesi Utara itu.

Simak Juga : PWS: Prabowo Terus Unggul dalam Survei, Apa Rahasianya?

Herwyn juga berharap Anggota Bawaslu Kabupaten/Kota periode 2023-2028 bisa memiliki kompetensi-kompetensi dasar pengawas pemilu, guna menunjang kerja-kerja pengawasan di daerah masing-masing.

“Lima kompetensi dasar yang harus dimiliki pengawas pemilu yaitu pengetahuan, kompetensi teknis, kompetensi khusus, advokasi dan kompetensi individual,” tandasnya.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close