BeritaNasional

Habiburokhman : Inovasi Ujian Praktek SIM Jadi Huruf S Keren, Realistis

BIMATA.ID, Jakarta – Korlantas Polri mengubah lintasan dalam ujian praktik surat izin mengemudi untuk motor atau SIM C dari angka 8 menjadi membentuk huruf ‘S’. Komisi III DPR Habiburokhman mengapresiasi inovasi Polri dalam ujian praktek SIM motor.

“Ini inovasi yang keren, tidak sesulit yang sebelumnya tetapi tidak juga terkesan terlalu menggampangkan,” kata Habiburokhman, dikutip dari detiknews, Jumat (04/08/2023).

Habiburokhman menyebut, lintasan ujian praktek SIM yang membentuk huruf S lebih realistis dengan kondisi lapangan. 

Baca Juga : Bertemu Prabowo, Podcaster Deryansha: Senang Banget Bisa Tukar Insight

Habiburokhman kemudian mengungkit lagi arahan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo agar polisi tidak terkesan mempersulit masyarakat dalam hal pelayanan.

“Model huruf S ini jauh lebih realistis, sehingga takkan membuat peserta ujian frustrasi,” ucapnya.

“Inti arahan Pak Kapolri adalah jangan sampai polisi terkesan mempersulit masyarakat, sebaliknya Polri harus maksimal dalam melayani. Kami apresiasi Kakorlantas dan Kapolri yang merespons cepat keluhan-keluhan masyarakat,” sambungnya.

Menindaklanjuti arahan Kapolri ini, Korlantas Polri kemudian melakukan sejumlah pengkajian, korlantas Polri membentuk pokja hingga studi banding dalam rangka evaluasi ujian praktek SIM tersebut.

Kebijakan Sigit ini kemudian direalisasikan dengan melakukan perubahan lintasan pada ujian praktek SIM, yang semula pemohon SIM harus melewati lintasan membentuk angka 8 kini diganti dengan lintasan membentuk huruf ‘S’.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close