BeritaEnergiNasional

Garuda Indonesia Tengah Uji Coba Bahan Bakar Campuran Kelapa Sawit

BIMATA.ID, JAKARTA – Maskapai penerbangan PT Garuda Indonesia (Persero) tengah menguji bahan bakar jet dicampur dengan minyak sawit di mesin salah satu pesawat Boeing.

Diketahui, hal tersebut dilakukan bertujuan dalam upaya guna mengurangi emisi di sektor penerbangan.

Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra menjelaskan, bahwa bahan bakar jet, yang mengandung 2,4 persen minyak sawit, sedang diuji pada mesin CFM56-7B dari pesawat B737-800 NG.

Baca juga: Endipat Wijaya Sampaikan Pesan Prabowo Subianto ke Warga Bengkong

“Inisiasi ini merupakan langkah awal kami untuk mendukung ekonomi hijau dan berkelanjutan, serta menjadikan kami pionir sebagai maskapai penerbangan komersial pertama di Indonesia yang melakukan uji coba energi terbarukan,” kata Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra,dalam keterangannya, Selasa, (01/08/2023).

Sekedar informasi, uji coba serupa pernah dilakukan pada 2021 pada pesawat buatan Dirgantara Indonesia yang terbang dari kota Bandung di Jawa Barat (Jabar) menuju ibu kota Jakarta.

Untuk diketahui, pemerintah Indonesia ingin memperluas penggunaan minyak nabati sebagai bahan bakar untuk memangkas impor bahan bakar fosil yang mahal. Tahun ini, penggunaan biodiesel yang mengandung 35 persen minyak sawit diluncurkan, campuran wajib tertinggi di dunia, naik dari 30 persen tahun lalu.

Lihat juga: Erick Thohir Dikacangin PDIP, PAN Berpeluang Loncat ke Prabowo

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close