BeritaEdukasiKesehatanNasionalPolitikRegional

Daniel Johan Minta Pemerintah Masifkan Sosialisasi Pembakaran Sampah Jadi Salah Satu Penyebab Polisi Udara

BIMATA.ID, Jakarta – Memburuknya kualitas udara belakangan ini, terutama di Jabodetabek dan sekitarnya. Anggota Komisi IV DPR RI Daniel Johan meminta pemerintah memasifkan sosialisasi tentang aktivitas pembakaran sampah yang menjadi salah satu penyebab polusi udara.

Hal ini disampaikan Daniel Johan kepada media Parlemen melalui keterangan tertulisnya, di jakarta, Rabu (23/08/2023).

“Masalah polusi udara sudah darurat dan harus cepat diatasi karena berdampak pada kesehatan masyarakat. Termasuk dengan menggalakkan sosialisasi kepada masyarakat tentang pembakaran sampah ilegal yang menjadi salah satu penyumbang polusi udara,” ujar Daniel Johan.

Baca Juga : Prabowo Berbagi Kisah Saat Jokowi Menamai Kendaraan Taktis ‘Maung’

Diketahui, memburuknya kualitas udara tak hanya disebabkan karena kemarau panjang dan gas buang dari kendaraan bermotor. Pembakaran sampah ilegal yang dilakukan masyarakat juga turut berkontribusi terhadap penyebab buruknya kualitas udara.

Sebab, kandungan kadar karbon (CO2) dari pembakaran sampah terbuka amat berbahaya dan berkontribusi besar dalam penurunan kualitas udara. Untuk itu, Daniel mendorong pemerintah daerah melakukan edukasi secara masif mengingat masih banyak warga yang kerap melakukan pembakaran sampah terbuka atau ilegal. “Masing-masing Pemda harus bisa memberikan edukasi mengenai dampak dari membakar sampah secara sembarangan,” katanya.

Daniel pun mendukung kebijakan Pemkab Tangerang yang berencana menerapkan sanksi bagi para pelaku pembakaran sampah ilegal di wilayahnya. Meski begitu, pemerintah harus melakukan sosialisasi sebelum menerapkan sanksi atas pembakaran sampah yang dilakukan oleh warga.

“Langkah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih baik kepada masyarakat dan menghindari penerapan sanksi yang terlalu tiba-tiba,” terangnya.

Selain itu Daniel mengatakan, pemahaman yang jelas soal sanksi pembakaran sampah ilegal dapat menghindari konflik sosial. Selain itu, kata Daniel, agar semakin banyak masyarakat memberi dukungan bagi pemerintah yang tengah berupaya mengatasi polusi udara.

“Sikap tegas Pemerintah memang diperlukan agar pembakaran sampah secara ilegal oleh warga di ruang terbuka dapat dihentikan, tapi pastikan bahwa semua warga telah mendapatkan arahan dan sosialisasi secara merata terlebih dahulu,” imbhnya.

Cek Juga : Pengamat Nilai Langkah Prabowo Akuisisi Jet Tempur F-15 EX Baru dari AS Tepat dan Bijak

Legislator Fraksi PKB itu pun juga menyebut sosialisasi sebelum pemberlakuan sanksi dapat memiliki manfaat jangka panjang yang signifikan. Seperti, menurut Daniel, peningkatan kesadaran lingkungan.

“Masyarakat akan lebih memahami kontribusi mereka dalam menjaga lingkungan dan mengurangi polusi udara. Dengan masyarakat yang lebih sadar akan dampak pembakaran sampah, diharapkan polusi udara akan berkurang dengan signifikan,” ungkapnya.

Daniel menilai, sosialisasi yang masif sama pentingnya dengan penerapan sanksi. Sebab tujuan utama dari pemberlakuan sanksi adalah untuk mengubah perilaku yang tidak baik.

“Kalau tanpa kesadaran yang dibarengi dengan pemahaman yang benar, orang hanya akan mengubah perilakunya secara sementara. Jadi penting sekali edukasi dan sosialisasi tentang dampak dari pembakaran sampah ini,” sebut Daniel.

Sosialisasi dari pemerintah kepada masyarakat juga akan memberikan informasi tentang peraturan dan konsekuensi hukum yang dapat dihadapi apabila melakukan pelanggaran terkait pembakaran sampah ilegal. “Sosialisasi juga memberikan kesempatan untuk mempromosikan alternatif yang lebih ramah lingkungan, seperti pengelolaan sampah dengan daur ulang, kompos, atau sistem pengumpulan sampah terpadu,” urai Daniel.

Di sisi lain, DPR juga mengingatkan perlunya pengawasan ketat pada industri-industri yang melakukan pencemaran udara. Daniel menyebut, asap dari pabrik industri juga menjadi salah satu penyebab terjadinya polusi udara.

Simak Juga : Prabowo Sukses Nego ke AS untuk Jet Tempur F-15EX Baru, Pengamat: Buah Kegigihan

“Periksa benar-benar Amdal-nya bagaimana. Apakah penanganan polusi dari hasil produksinya sudah sesuai aturan. Dan Pemda harus berani mengambil tindakan tegas jika ada pelanggaran,” terang anggota Komisi di DPR yang membidangi urusan lingkungan hidup itu.

Lebih lanjut, Daniel mendorong agar semua pihak bekerja sama dalam mengatasi masalah polusi udara. Khususnya, terkait dengan pencemaran udara dan pembakaran sampah ilegal. “Kami juga mendukung kerja sama Forkopimda di setiap daerah dalam urusan polusi udara ini. Termasuk dengan pelibatan personel TNI/Polri untuk membantu mengawasi pembakaran sampah ilegal di tengah masyarakat. Tapi sekali lagi, lakukan secara humanis,” papar Daniel.

Masyarakat juga diharapkan dapat turut berpartisipasi membantu kerja Pemerintah. Daniel mengatakan, dukungan dari masyarakat dibutuhkan demi mengurangi polusi udara yang pada akhirnya akan bermanfaat untuk masyarakat itu juga.

“Keterlibatan masyarakat juga akan efektif agar kualitas udara yang buruk dapat berkurang. Sama halnya seperti dukungan dari masyarakat untuk mengurangi emisi dari kendaraan bermotor,” tutup Daniel.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close