BeritaKesehatanRegional

BPJAMSOSTEK Harap, Peserta Pemilu Dapat Terlindungi BPJS Naker

BIMATA.ID, SOLO – Kepala Kantor BPJAMSOSTEK Wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (Jateng – DIY), Cahyaning Indriasari mengatakan, semoga untuk petugas pemilihan umum (pemilu) segera terlindungi oleh BPJS Ketenagakerjaan mengingat risiko kerja yang cukup tinggi.

“Jadi kalau untuk panitia penyelenggara pemilu, di Inpres Nomor 2 Tahun 2021 Pilpres (tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan, Red.) penyelenggara pemilu juga harus dianggarkan pemerintah daerah untuk perlindungannya,” katanya pada Monitoring dan Evaluasi Kerja Sama Antara BPJS Ketenagakerjaan dengan Kejaksaan Negeri se-Jawa Tengah di Solo, Jateng, Selasa (22/08/2023).

Menurutnya, pada saat melaksanakan tugas para petugas pemilu rentan risiko kecelakaan kerja hingga meninggal dunia. Untuk risiko kerja ini sudah semestinya masuk sebagai perlindungan kerja.

Baca juga: Jadwal BEM UI, Terkait Debat Capres Antara Prabowo, Ganjar dan Anies

“Harapannya (kepesertaan) saat perlindungan itu yang paling penting. Proses (menjelang pemilu) kan saat ini sudah berjalan, yang sudah (bertugas) mestinya sudah dilindungi,” ungkapnya.

Diketahui. dari skala keseluruhan sudah sebanyak 23 juta pekerja di Jateng, baru sekitar 4,5 juta yang sudah dilindungi oleh program BPJS Ketenagakerjaan.

Oleh karena itu, pihaknya berharap melalui kerja sama dengan Kejaksaan Negeri se-Jateng perlindungan BPJS Ketenagakerjaan dapat makin merata.

Lihat juga: Gerindra Tuding Ada yang Ingin Jegal Prabowo di Pilpres 2024

“Mohon support dari bapak ibu Kajari agar ada peningkatan kepesertaan dari kelompok bukan penerima upah. Ini juga merupakan salah satu elemen untuk percepatan pengentasan kemiskinan ekstrem,” jelasnya.

Untuk mendukung pelaksanaan tersebut, dikatakannya, sejumlah daerah sudah menerbitkan regulasi. Ia mengatakan di Jateng sudah sebanyak 60 produk hukum atau peraturan yang mengatur pelaksanaan tersebut.

“Namun itu hanya akan jadi regulasi tanpa diimplementasikan,” pungkasnya.

Simak juga: Habiburokhman: Prabowo Siap Penuhi Undangan Debat BEM UI

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close