Berita

Akan Jadi Lokasi Ibu Kota, Ma’ruf Amin Minta Pengembangan Sektor Ekonomi didorong di Kaltim

BIMATA.ID, Tarakan – Dalam sambutannya pada acara Pengukuhan Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) Kalimantan Timur di Samarinda, Jumat (04/08), Wakil Presiden (wapres) Ma’ruf Amin mengatakan, sudah selayaknya pengembangan sektor ekonomi dan keuangan syariah didorong di Kalimantan Timur yang akan menjadi lokasi Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Sudah selayaknya ekonomi dan keuangan syariah juga didorong untuk lebih berkembang di wilayah Provinsi Kalimantan Timur,” kata Ma’ruf, dikutip dari antaranews, Jumat (04/08/2023).

Baca Juga : Duduk Bareng Bintang Emon, Praz Teguh, dkk Prabowo Dibanjiri Doa Baik: Semoga Diberi Kemudahan Wujudkan Niat Mulia

Dia menjelaskan, Provinsi Kalimantan Timur telah sah menjadi lokasi IKN, di mana pemindahan IKN diyakini akan menjadikan Kaltim sebagai magnet pertumbuhan ekonomi baru.

“Langkah ini akan mendorong arus perdagangan, meningkatkan investasi di daerah, serta menurunkan kesenjangan antarwilayah,” tuturnya.

Selain itu efek berganda juga akan muncul, yaitu pembangunan yang lebih menyebar ke pelosok NKRI, serta pertumbuhan ekonomi yang inklusif, merata, dan berkelanjutan, demi merealisasikan visi Indonesia 2045.

Dia menerangkan, tujuan pembangunan IKN juga sejalan dengan konsep ekonomi dan keuangan syariah yang inklusif dan universal, serta menjunjung tinggi prinsip keadilan, keseimbangan, dan kebersamaan.

Oleh sebab itu, Wapres yang juga Ketua Harian Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) meminta pengembangan ekonomi dan keuangan syariah didorong di Kaltim.

Dia menjelaskan, potensi lokal yang besar berpadu dengan semangat tinggi Pemerintah Daerah, menjadi energi positif bagi lahirnya sumber pertumbuhan baru dan penguatan ketahanan ekonomi wilayah.

Selain itu kekayaan sumber daya alam yang terkandung di Benua Etam menurutnya, harus terus dikelola secara berkelanjutan dan inklusif demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.

Wapres mencermati Pemerintah Provinsi Kaltim telah giat mendorong sektor usaha kecil menengah (UKM) berbasis syariah masuk di pasar global. 

Simak Juga : Chef Bobon Santoso Dapat Pujian Prabowo: Gak Ngebayangin Sedekat Ini sama Beliau

Pelatihan dan pendampingan juga dilakukan secara sistematis, termasuk penguatan digitalisasi dan fasilitasi sertifikasi halal.

Selain itu Kalimantan Timur juga telah sukses menjadi tuan rumah Festival Ekonomi Syariah (FESyar) Kawasan Timur Indonesia 2023, yang merupakan salah satu acara tahunan ekonomi syariah yang cukup bergengsi.

Wapres menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas sinergi yang sudah terjalin antara Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur, KNEKS, beserta seluruh pihak terkait.

Apresiasi juga disampaikan Wapres atas kontribusi PT Taspen dan Bank Indonesia dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close