BeritaPolitik

PSI Kecewa Rumput Stadion JIS Tak Sesuai Fifa, Minta Pembangun Berikan Kejelasan

BIMATA.ID, Jakarta – Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menyayangkan  terkait Jakarta International Stadium (JIS), yang ternyata akses hingga rumputnya tidak memenuhi standar FIFA. 

Menurut Ketua DPP PSI Hariyanto Arbi, hal tersebut menunjukkan perencanaan dan pengerjaan JIS kurang profesional.

“Kita dengar kabar rumput JIS yang tidak sesuai standar FIFA. Ini mengecewakan, mencerminkan perencanaan dan pengerjaan yang kurang profesional,” kata Hariyanto, dikutip dari detiknews, Rabu (05/07/2023).

Baca Juga : PDIP Incar Kemenangan di Sumbar, Gerindra : Insya Allah Prabowo yang Menang !

Hariyanto berharap, pihak-pihak yang bertanggung jawab bisa memberi penjelasan, sebab, pembangunan stadion tersebut menggunakan uang rakyat.

‘’Sangat layak publik menerima penjelasan dari pihak yang membangun. Pembangunan JIS kan menggunakan uang rakyat,” harapnya.

Hariyanto pun menyampaikan kilas balik saat grand launching JIS, pada Juli 2022, dia mengatakan, saat itu, pagar pembatas di tribun utara roboh. Beberapa orang terluka.

Sebelumnya diberitakan, PSSI hingga Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono telah mengecek JIS, Basuki mengatakan rumput di JIS tidak memenuhi standar FIFA. 

Basuki menjelaskan, rumput JIS akan diganti untuk pergelaran Piala Dunia U-17.

“Hari ini kita melihat JIS, stadion kita yang sangat bagus ini. Namun kita evaluasi, kira-kira kalau nanti diperiksa, dievaluasi FIFA, mudah-mudahan sudah memenuhi standar itu. Salah satu yang utama rumput,” kata Basuki setelah meninjau JIS, Selasa (4/7/2023).

“Kondisi rumput sekarang, menurut evaluasi ahlinya, yang juga mengevaluasi 22 (stadion), termasuk yang memasang rumput GBK untuk Asian Games, jelas tidak masuk standar FIFA kalau dengan kondisi sekarang,” lanjutnya.

Simak Juga : Survei Poligov: Head to Head Elektabilitas Prabowo Unggul Kalahkan Anies

Basuki menerangkan, menurut tim ahlinya, rumput JIS akan diganti semua, rumput harus diganti untuk memenuhi standar FIFA jika ingin dipakai 3 bulan ke depan.

“Namun ada solusinya. Kita akan ganti semua rumput tersebut sesuai ahlinya beliau, Pak Kamal sebagai ahli dan agronomi rumput di stadion. Menurut beliau, harus diganti, kalau mau 3 bulan bisa dipakai, itu untuk jangka pendek saja. Mungkin jangka panjang mungkin harus diubah rumputnya. Jadi yang sekarang tak dapat memenuhi kriteria FIFA. Untuk itu, akan diganti rumput yang lain untuk dipakai U-17,” pungkasnya.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close