BeritaNasional

Presiden Jokowi Resmi Lantik Budi Arie Sebagai Menkominfo

BIMATA.ID, Jakarta – Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo secara resmi telah melantik Budi Arie Setiadi sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) di Istana Negara, Jakarta, pada Senin (17/07/2023). 

Pelantikan tersebut berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 62/P Tahun 2023 tentang Pengangkatan Menteri Komunikasi dan Informatika Kabinet Indonesia Maju 2019- 2024 yang dibacakan oleh Deputi Bidang Administrasi Aparatur Kementerian Sekretariat Negara Nanik Purwanti. 

Baca Juga : Fauzi Badiila Hadiri Deklarasi Relawan Bepro, Kita dukung Pak Prabowo dengan Fun dan Kreatif

Usai pembacaan Keppres tersebut, Presiden Jokowi memimpin pembacaan sumpah jabatan yang ditirukan oleh Budi Arie Setiadi. 

“Demi Tuhan saya berjanji, bahwa saya akan setia kepada UUD 1945 serta akan menjalankan segara peraturan perundangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab,” demikian kata Budi Arie mengucapkan bunyi sumpah jabatan tersebut. 

Pelantikan tersebut turut dihadiri oleh sejumlah pejabat negara, antara lain Menko Polhukam Mahfud MD, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Wiranto, Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi, dan Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko. 

Selain itu, ada pula Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman dan Menko PMK Muhadjir Effendy, adapun Budi Arie Setiadi selama ini dikenal sebagai Ketua Umum Relawan Pro Jokowi (ProJo). 

Pada sebelumnya, Budi juga menjabat sebagai Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Wamendes-PDTT).

Budi Arie Akan Dilantik Jokowi Jadi Menkominfo Budi Arie menggantikan Johnny G Plate yang sebelumnya non aktif setelah menjadi terdakwa kasus pengadaan menara base transceiver station (BTS) 4G.

Simak Juga : Prabowo Datang ke Pangandaran, Disambut Oleh Susi Pudjiastuti

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close