BeritaPendidikanPertanian

Kemnaker Gelar Pelatihan Kompetensi Petani

BIMATA.ID, JATENG – Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) tengah mempersiapkan berbagai pelatihan pertanian dan pengelolaan agrowisata guna meningkatkan kompetensi petani dan pengelola perhutanan sosial pada kegiatan Konsolidasi Perhutanan Sosial Jawa di Omah Tani Batang, Jawa Tengah, Minggu (09/07/2023), dalam tajuk Perluasan Kesempatan Kerja Berbasis Perhutanan Sosial.

Diketahui, Kemnaker juga mempersiapkan program perluasan kesempatan kerja bagi para petani, dan para pelaku usaha yang khususnya di kawasan hutan.

Staf Khusus Menteri Ketenagakerjaan, Caswiyono Rusydie Cw mengatakan, sebagai kekayaan sumber daya alam, hutan harus tetap menjaga kelestariannya sekaligus bermanfaat guna meningkatkan kesejahteraan petani, dan masyarakat sekitar hutan.

Baca juga: Gerindra Ungkap Isi Pertemuan Prabowo dan Cak Imin

“Untuk itu, sebagai agenda strategis nasional, perhutanan sosial harus diakselerasi dan diperkuat melalui kolaborasi seluruh stakeholder”, Staf Khusus Menteri Ketenagakerjaan, Caswiyono Rusydie Cw, Minggu (09/07/2023).

Menurutnya, perhutanan sosial merupakan solusi agar masyarakat dapat menjaga kelestarian hutan sekaligus memanfaatkan guna pengembangan kegiatan ekonomi secara berkelanjutan.

“Potensi hutan yang kaya dapat dijadikan sebagai modal untuk mengatasi kemiskinan, mengurangi pengangguran dan menggerakkan ekonomi pedesaan,” ungkapnya.

Lihat juga: Muzani: Semua Partai Adalah Sahabat Pak Prabowo

Sekedar informasi, kegiatan turut diikuti oleh para pegiat, dan perwakilan kelompok masyarakat penerima dan pengusul perhutanan sosial dari berbagai daerah, seperti dari Batang, Pekalongan, Pemalang, Banjarnegara, Banyumas, Cilacap, dan Temanggung.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close