BeritaEkonomiPeristiwa

IPO PHE Ditunda, Ini Penyebabnya!

BIMATA.ID, JAKARTA – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) buka suara terkait batalnya PT Pertamina Hulu Energi (PHE), Subholding Upstream PT Pertamina (Persero), guna melantai di bursa saham melalui Initial Public Offering (IPO) pada tahun ini.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Kementerian ESDM, Tutuka Ariadji mengatakan, batalnya IPO PHE pada tahun ini lantaran adanya beberapa faktor, yakni penurunan harga minyak mentah Global yang terjadi akhir – akhir ini.

“Sebenarnya harga minyak tidak seperti perkiraan sebelumnya, itu yang harus dievaluasi,” ungkap Direktur Jenderal Minyak dan Gas Kementerian ESDM, Tutuka Ariadji pada saat ditemui di Gedung Kementerian ESDM, Jakarta, Senin (31/07/2023).

Baca juga: Tambah Dukungan Jelang Pilpres 2024, Prabowo: Berbagai Kekuatan Politik Hadir di Sini

Diketahui, sebelumnya PT Pertamina (Persero) sudah menyampaikan rencana PT PHE melantai di bursa saham melalui Initial Public Offering alias IPO pada tahun ini rupanya harus ditunda.

VP Corporate Communication Pertamina, Fadjar Djoko Santoso menjelaskan, penundaan rencana IPO diambil karena adanya beberapa faktor. Perusahaan kata dia, masih mencari waktu yang tepat untuk melakukan aksi korporasi tersebut.

“Hal ini tentunya sejalan dengan ketetapan yang disampaikan Kementerian BUMN melalui Wakil Menteri BUMN beberapa waktu lalu,” ujar VP Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso dalam keterangan tertulis, yang dikutip Senin (31/07/2023).

Sekedar informasi, dari sisi makro ekonomi global, tren peningkatan suku bunga The Fed menambah beban ekonomi emerging markets untuk mempertahankan laju pertumbuhan ekonomi.

Lihat juga: Di Milad ke-25 PBB, Prabowo Bertekad untuk Bekerja Demi Kerukunan

Untuk diketahui, harga minyak dunia (Brent) mengalami penurunan dibandingkan tahun lalu, di mana dalam beberapa bulan terakhir berada di level US$ 70-80 per barel dan diprediksi tetap bertahan pada level tersebut hingga 2024. Hal ini juga menjadi faktor yang kurang mendukung pelaksanaan IPO PHE pada saat ini.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close