BeritaHukumNasionalPolitik

Ahmad Sahroni : Karena Sudah Beli Pesawat Tidak Ada Lagi Alasan Kinerja Polri Terhambat Karena Transportasi

BIMATA.ID, Jakarta – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Ahmad Sahroni menilai pembelian pesawat jenis Boeing oleh Polri memang diperlukan untuk menunjang kinerja Polri. Ia meyakini pembelian pesawat tersebut sudah dipertimbangkan matang terkait kebermanfaatannya.

“Kondisi negara kita kan kepulauan. Jadi ruang gerak Polri memang agak sulit jika tidak ada transportasi yang dikhususkan untuk menunjang kegiatannya. Di sisi lain, anggota Polri tersebar di seluruh daerah, terkadang kesiapannya perlu dimonitor langsung oleh pimpinan di pusat,” kata Sahroni melalui keterangannya, Kamis (20/07/2023).

Selain itu, Sahroni juga mengatakan, bahwa pesawat tersebut harus digunakan untuk menunjang kinerja Polri, termasuk dalam pelayanan saat bencana alam.

“Karena sudah punya pesawat sendiri, berarti tidak boleh ada cerita kalau kinerja Polri terhambat akibat permasalahan transportasi, terutama untuk kasus bencana alam. Pesawat ini harus benar-benar difungsikan untuk membantu penanganan, baik soal pemberangkatan pimpinan, anggota, atau logistik,” ujarnya.

Wakil Ketua Komisi III itu pun meyakini Polri sudah melakukan kajian mendalam sebelum membeli pesawat tersebut. “Jadi saya rasa ini sudah dipertimbangan dengan matang. Pembelian pesawat oleh Polri ini harus benar-benar perhatikan asas kebermanfaatannya, bukan untuk gaya-gayaan,” imbuhnya.

Polri membeli pesawat jenis Boeing 737 800NG dengan registrasi P-7301 dengan harga Rp 995 miliar. Pengadaan pesawat bekas dari Ceko tersebut guna meningkatkan kinerja kepolisian dalam melayani masyarakat perihal keamanan dan ketertiban.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close