BeritaNasional

Ini Penyebab Mahalnya Harga Telur Ayam

BIMATA.ID, Jakarta- Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan (Zulhas) mengungkapkan biang kerok harga telur ayam naik beberapa waktu terakhir. Pertama, disebabkan adanya pengusaha telur ayam yang gulung tikar alias bangkrut.

“Kan selama ini banyak sekali pengusaha telur itu tutup bangkrut karena harga murah, bahkan Lebaran saja Rp25 ribuan, bangkrut orang, karena dia harus jual Rp28 ribu,” ujarnya yang dikutip, Selasa (23/5/2023).

Kedua, menurut dia, karena kebanyakan indukan ayam diremajakan atau dipotong, maka dari itu butuh waktu untuk mengejar produk. Kemudian ketiga, bilang Mendag Zulhas harga jagung sebagai pakan ayam juga mengalami kenaikan.

Baca juga : Semangat Sepak Bola Prabowo: Kirim Persib-Garudayaksa ke Aspire Qatar

“Harga jagung saya dengar naik, pakan naik, itu mempengaruhi maka harus diambil langkah pertama tentunya perlu waktu sedikit supaya akan stabil,” imbuh dia.

Untuk jangka pendek, Mendag Zulhas akan memberikan subsidi jagung sebesar Rp 1.500 per kilogram. Hanya saja, kebijakan itu perlu dibahas lebih dalam.

“Cuma sekarang andai kata diputuskan tapi belum ini masih dibahas, nanti yang diimpor itu petani lokal, jadi kalau harga jagung rakyat mahal sampai Rp6.500 per kg nanti Rp 1.500 disubsidi apa untuk transportasinya atau apanya, jadi harga terkendali,” imbuh dia.

Baca juga : Prabowo Beri Kuis Berhadiah Jam Tangan di Ponpes Tremas Pacitan

Sebelumnya, Pedagang pasar mengungkapkan harga telur ayam secara nasional terus merangkak naik di pasaran. Pedagang mencatat harga telur di wilayah Jabodetabek berkisar Rp 31.000 – Rp 34.000 per kilogram (kg).

Sedangkan, di luar jawa atau wilayah timur Rp 38.000 per kg, bahkan lebih dari Rp 40.000 per kg

Sekretaris Jenderal DPP Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (Ikappi), Reynaldi Sarijowan menyebut, kenaikan harga telur itu karena dua faktor.

Pertama, karena faktor produksi, faktor produksi ini disebabkan oleh harga pakan yang tinggi.

Baca juga : Survei Litbang Kompas: Elektabilitas Prabowo Unggul Telak dari Ganjar dan Anies

“Dan yang kedua proses distribusi yang tidak sesuai dengan kebiasaan yang biasanya di distribusikan ke pasar tetapi banyak pihak yang melakukan pendistribusian diluar pasar atau permintaan diluar pasar sehingga supply dan demand di pasar terganggu dan menyebabkan harga terus merangkak naik,” ujar Reynaldi dalam keterangan tertulis yang dikutip Kamis (18/5/2023).

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close