BeritaPeristiwaRegional

Pemkab Purwakarta Turunkan Pasukan Tangani Ratusan Rumah Akibat Puting Beliung

BIMATA.ID, Purwakarta – Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika mengatakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta, Provinsi Jawa Barat, telah menurunkan pasukan penanggulangan bencana untuk membersihkan sisa-sisa reruntuhan rumah dan pohon tumbang akibat angin puting beliung.

Sebanyak 155 rumah rusak akibat hujan lebat yang disertai angin puting beliung di sembilan desa, Kecamatan Bojong, Purwakarta, pada Minggu (02/04).

“Kita menerjunkan seluruh personil BPBD, Dinsos dengan Tagananya, Kesra untuk Rutilahunya, serta relawan, untuk bersama-sama dengan warga membantu para korban bencana angin puting beliung. Bantuan sembako juga kita sertakan,” kata Anne, dikutip dari antaranews, Selasa (04/04/2023).

Baca Juga : Prabowo Subianto Berpeluang Diusung Koalisi Pemerintah

Anne menuturkan, jajaran Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan para pihak terkait lainnya juga mendirikan posko-posko bantuan untuk para korban bencana di desa yang terdampak, termasuk membuka dapur umum.

Menurut dirinya, pasukan dan peralatan siaga darurat bencana hidrometeorologi diturunkan sebagai bagian dari mitigasi bencana yang memiliki sejumlah tujuan, diantaranya ialah untuk mengenali resiko, penyadaran resiko bencana, perencanaan penanggulangan, dan sebagainya. 

“Kami telah melakukan assessment, dibantu dengan TNI dan Polri serta kepala desa,” tuturnya.

Untuk sementara ini, diketahui terdapat 155 rumah yang terdampak dengan klasifikasi rusak ringan, sedang, dan berat.

Angin puting beliung yang mengakibatkan ratusan rumah rusak itu terjadi di sembilan desa, Kecamatan Bojong, seperti Desa Sindangpanon, Desa Bojong Barat, Desa Cibingbin, Desa Pangkalan, Desa Cikeris, Desa Cipeundeuy, Desa Sukamanah dan Desa Bojong Timur.

Simak Juga : Prabowo Jadi Rebutan Swafoto, Netizen: Presiden Masa Depan

Pemkab telah membangun posko di setiap kantor desa yang terdampak di Kecamatan Bojong guna mendata dan memantau langsung kondisi masyarakat terdampak angin puting beliung. 

Sebelumnya, sejumlah wilayah Indonesia berpotensi mengalami hujan lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang pada Sabtu ini, menurut peringatan dini cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Dikutip dari situs BMKG di Jakarta, pada Sabtu (01/04), terdapat potensi hujan lebat dengan intensitas lebih dari 50 milimeter (mm) per hari diperkirakan terjadi di wilayah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kep. Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur.

Kondisi serupa juga berpotensi terjadi di Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat dan Papua.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close