BeritaEkonomiNasional

Mendag : Harga Kebutuhan Pokok Terpantau Stabil Jelang Ramadhan

BIMATA.ID, Jakarta – Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengatakan bahwa harga barang kebutuhan pokok di Pasar Rawamangun, Jakarta, pada Senin (03/04/2023), terpantau masih stabil dan pasokan berada pada taraf cukup.

“Harga bapok (barang kebutuhan pokok) di Pasar Rawamangun stabil dan stoknya banyak. Mudah-mudahan sampai Lebaran seperti ini,” kata Zulkifli, dikutip dari antaranews, Senin (03/04/2023).

Zulkifli menuturkan, para pedagang untuk mengikuti harga patokan yang telah ditentukan dan tidak mengambil untung secara berlebihan serta tidak melakukan penimbunan stok.

Baca Juga : Prabowo Jadi Rebutan Swafoto, Netizen: Presiden Masa Depan

Satuan Tugas (Satgas) Pangan akan terus mengawasi dan akan menindak pedagang yang menimbun dan menaikkan harga barang kebutuhan pokok secara berlebihan.

“Pedagang harus mengikuti harga patokan yang ditetapkan dari Bapanas (Badan Pangan Nasional) dan Bulog. Saya juga mengingatkan kepada para pedagang, jangan mengambil untung berlebihan dengan menaikkan harga seenaknya dan menimbun stok,” tuturnya.

Zulkifli menjelaskan, kenaikan harga kebutuhan pokok masih dalam taraf wajar, karena adanya kenaikan permintaan. 

Menurut dirinya, kenaikan 5 persen masih dalam taraf wajar, namun jika berlebihan, Satgas Pangan akan langsung turun tangan.

Berdasarkan hasil pantauan, harga beras medium tercatat Rp.10.500/kilogram, beras premium Rp.13.000/kilogram, gula pasir Rp.14.000/kilogram, tepung terigu Rp.14.000/kilogram, minyak goreng kemasan premium Rp.20.000/liter, dan minyak goreng MinyaKita Rp.14.000/liter.

Sementara itu, daging ayam ras Rp.35.000/kilogram, telur ayam ras Rp.30.000/kilogram, daging sapi Rp.140.000/kilogram, cabai merah keriting Rp.45.000/kilogram, cabai merah besar Rp. 55.000/kilogram, cabai rawit merah Rp.60.000/kilogram, bawang merah Rp.45.000/kilogram, dan bawang putih Rp.40.000/kilogram.

Pada sebelumnya, Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) memastikan stok pangan aman hingga menjelang Lebaran Idul Fitri 2023, sehingga masyarakat diimbau tidak “panic buying” dan berbelanja bahan pokok sesuai kebutuhannya.

“Kami menginformasikan kepada masyarakat untuk tetap tenang, bahwa untuk ketersediaan pangan secara nasional ini cukup,” kata Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol. Dedi Prasetyo di Jakarta, Selasa (02/04/2023).

Hal ini disampaikan Dedi setelah mendengar pemaparan dari Satgas Pangan dan Kepala Badan Pangan Nasional dalam diskusi publik bertajuk “Keterjangkauan Pangan, Kesiapan Sarana dan Prasarana Transportasi Publik Jelang Mudik Lebaran 2023” yang diselenggarakan oleh Divisi Humas Polri.

Simak Juga : Prabowo Ungkap Isi Pertemuan Ketum Parpol Bareng Jokowi di Silaturahmi Ramadan PAN

Dedi merangkum dari hasil diskusi tersebut, bahwa untuk ketersediaan pangan secara nasional mencukupi hingga April mendatang. Sedangkan untuk harga pangan masih dalam batas wajar. Beberapa komoditi yang mengalami kenaikan seperti minyak goreng, cabai, dan beras.

Meski ada kenaikan dalam kategori wajar, tapi kata Dedi, Polri melalui Satgas Pangan akan terus memantau ketersediaan dan keterjangkauan bahan pokok baik dari tingkat pusat, provinsi hingga kabupaten/kota.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close