BeritaNasional

LPEI Gandeng BRI untuk Sinergi Dorong Ekspor Nasional

BIMATA.ID, Jakarta- Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) atau Indonesia Eximbank melakukan courtesy meeting dengan PT Bank Rakyat Indonesia (persero) Tbk (BRI) yang berlokasi di Gedung BRI 2 lantai dasar.

LPEI yang diwakili oleh Chesna F. Anwar, Direktur Pelaksana Bidang Hubungan Kelembagaan dan Agus Windiarto Direktur Pelaksana Bidang Keuangan & Operasional bertemu langsung dengan jajaran pimpinan BRI yang diwakili oleh Agus Noorsanto, Direktur Bisnis Wholesale & Kelembagaan dan Trihartono Kadiv Sindikasi Dan Jasa Keuangan Non Bank.

“Pertemuan kali ini dalam rangka memberikan update kinerja tahun 2022 dan proses transformasi LPEI ke depan serta perluasan kerjasama dengan BRI,” kata Chesna ditulis Selasa (4/4/2023).

Baca juga : Iwan Bule Nyatakan Dukungan kepada Prabowo di Pilpres 2024

Sebagaimana diketahui, BRI merupakan Bank dengan distribution network atau cabang terluas di Indonesia sehingga LPEI dapat memanfaatkan jaringan BRI tersebut untuk dapat menunjang pengembangan program pembiayaan, asuransi, trade finance, dan jasa konsultasi segmen UKM.

Program Desa Devisa yang merupakan salah satu inisiatif jasa konsultasi adalah program pendampingan yang diinisiasi oleh LPEI berbasis komunitas dengan produk sesuai prioritas atau yang memiliki potensi tinggi. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas masyarakat desa dan mengembangkan komoditas unggulan desa untuk diekspor.

Dengan adanya kolaborasi antara LPEI dengan BRI, maka diharapkan semakin banyak desa-desa lain yang dapat dijadikan Desa Devisa.

Baca juga : Diendorse Jokowi Ke Sana Ke Mari, Pengamat: Presiden 2024 Jatah Prabowo

Selain pengembangan kerjasama untuk pembentukan desa devisa, LPEI dan BRI juga akan mengintensifkan program kerjasama yang telah berjalan sejak awal LPEI berdiri yaitu meliputi pemberian fasilitas Kredit, kerjasama Counter Bank Guarantee, Program Penjaminan Pemerintah (JAMINAH) serta Trade Credit Insurance (TCI).

LPEI mengharapkan dukungan BRI untuk pengembangan transaksi bisnis lain seperti co-financing dapat direalisasikan dalam waktu dekat.

 

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close