BeritaNasionalPeristiwaPolitikUmum

Legislator Gerindra Minta Pemerintah Perhatikan Keselamatan Pemudik Lebaran

BIMATA.ID, Jakarta- Anggota DPR RI Fraksi  Partai Gerindra Eddy Santana meminta pemerintah memperhatikan keamanan, keselamatan, dan kenyamanan dalam penyelenggaraan Angkutan Lebaran 2023. Hal itu disampaikan Eddy saat mengikuti Kunjungan Kerja Masa Reses Komisi V dalam rangka meninjau kesiapan infrastruktur mudik di Stasiun Bandung dan Terminan Leuwi Panjang, Jawa Barat, Jumat (14/4/2023).

“Terkait tingginya mobilisasi penumpang pada mudik Lebaran 2023, maka koordinasi dan kerja sama yang baik antara Pemerintah sebagai regulator dan para operator transportasi dan penumpang sebagai pengguna jasa perlu ditingkatkan, sehingga penyelenggaraan pelayanan angkutan Lebaran 2023 dapat diselenggarakan dengan mengedepankan aspek keselamatan, keamanan, dan kenyamanan,” kata Santana.

BACA JUGA: Jokowi-Prabowo Makin Kompak di Nikahan Putri HT, Begini Pandangan Pengamat

Santana juga meminta pemerintah fokus pada tindakan antisipasi atau pencegahan terhadap kemacetan di jalan tol. Menurutnya, pemerintah perlu memperhatikan hambatan samping, misalnya kendaraan parkir di pinggir jalan, baik jalan nasional maupun jalan jol, yang akan menimbulkan kemacetan dan kecelakaan.

“Perlu ada ketegasan dalam pengaturan lalu lintas sehingga kelancaran angkutan Lebaran 2023 berjalan lancar, aman dan selamat,” kata Politisi Fraksi Partai Gerindra ini.

BACA JUGA: Ini Pesan Prabowo di HUT Ke-71 Kopassus

Selain itu, prasarana keselamatan dan keamanan seperti ketersediaan penerangan jalan umum, petunjuk jalan, pagar ruang milik jalan, pagar pengaman, fasilitas penanganan kecelakaan, fasilitas pengamanan dan penegakan hukum, dan segala sesuatu yang menunjang keselamatan dan keamanan perlu terus dimaksimalkan.

“Periksa kelayakan kendaraan angkutan umum atau ramp-check terhadap bus atau angkutan umum yang akan beroperasi di sekitar wilayah ini selama Lebaran 2023, serta perbaikan sarana dan prasarana,” jelasnya.

BACA JUGA: Silaturahmi Ramadan ke Prabowo, Habib Jindan Ungkapkan Kekaguman

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close