BeritaBisnisEkonomiRegional

Khofifah Minta Bank Jatim Dapat Berkolaborasi Dengan Pedagang Pasar Induk Majukan Ekonomi Daerah

BIMATA.ID, Kota Batu – Usai melakukan peninjau progres pembangunan Pasar Induk Among Tani di Kota Batu, beberapa waktu lalu. Gubernur Khofifah Indar Parawansa meminta Bank Jawa Timur (Jatim) dapat memfasilitasi dan membantu pedagang Pasar Induk Kota Batu kedepannya. Salah satunya seperti memberikan kemudahan akses pinjaman modal perbankan.

“Skema ini diadopsinya dari salah satu pasar di daerah lain yang pernah saya kunjungi. Bantuan akses permodalan perbankan sebagai langkah melindungi para pedagang agar tak terjerat rentenir,” kata Khofifah.

Khofifah menerangkan, kalau pedagang di pasar Induk Among Tani Batu nantinya akan ada pedagang sayur yang beroperasi mulai pukul 12 malam sampai 5 pagi. Sehingga dirinya meminta kepada Bank Jatim memberikan bantuan permodalan.

Baca Juga : Prabowo Subianto Apresisasi Prestasi Atlet di Bawah Naungan KOBI: Alhamdulillah Kemajuannya Pesat

“Jadi sebelum mereka belanja, mereka bisa mengakses Bank Jatim untuk memberikan dukungan modal kepada kepada pedagang. Ini agar para pedagang tidak terjerat rentenir,” tuturnya.

Selain itu, Direktur Keuangan Treasury dan Global Services Bank Jatim, Edi Masrianto menanggapi usulan tersebut dengan menyebutkan, bahwa pihaknya akan berkomitmen untuk bekerja sama dengan para pedagang.

“Kami mencatat jumlah nasabah Bank Jatim yang berasal dari pedagang Pasar Induk Among Tani sebanyak 80 persen. Potensi kolaborasi itu sangat mungkin dilakukan karena interaksi Bank Jatim dengan para pedagang sudah terjalin selama ini,” ungkapnya.

Cek Juga : Paparan Survey SRS: Inilah Alasan Prabowo Subianto Menang di Jatim dan Melesat di Jateng

Edi mengungkapkan, terlebih saat ini Bank Jatim wajib berpartisipasi untuk ikut mengembangkan ekonomi daerah. Apalagi melalui fasilitas tersebut tujuannya agar bisa mendirikan layanan kepada pedagang sehingga tidak terjerat rentenir.

“Kami pastikan Bank Jatim akan hadir untuk pedagang Pasar Batu. Kami akan buka mulai pukul 10 malam hingga 10 pagi juga bisa, tidak masalah. Tinggal mengatur shift kerja saja,” paparnya.

Simak Juga : Kinerja, Visi dan Loyalitas Prabowo Jadi Alasan Menang di Jatim dan Melesat di Jateng

Diketahui, kalau selama ini Bank Jatim sudah memiliki berbagai jenis kemitraan dengan para pedagang. Mulai dari pembagian hasil hingga pembiayaan penuh oleh Bank Jatim. Sehingga menurut Edi dari pengalaman tersebut, ia sangat yakin dapat menjangkau para pedagang sesuai keinginan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa.

“Yang penting pasar ini bisa menjadi pasar besar, menjadi ikonnya Jawa Timur dan membawa manfaat bagi pedagang. Bukan hanya Batu, tapi untuk Jawa Timur. Minimal ekonomi menengah ke bawah bisa terakomodir karena kualitas barang di pasar ini pasti terjamin. Apalagi di Kota Batu ini produk pertaniannya juga bagus,” tutupnya.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close