BeritaPeristiwaRegional

DPKP Kota Bandung Siapkan Siasat Atasi Pohon Tumbang Akibat Cuaca Buruk

BIMATA.ID, Bandung – Sejak bulan Januari hingga Februari 2023, ada 13 pohon tumbanng di Kota Bandung, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menghimbau agar masyarakat lebih berhati -hati, sebab, pada 28 Februari sampai 2 Maret, Provinsi Jawa Barat, termasuk kota Bandung bakal diguyur hujan lebat, beserta angin kencang.

Mengutip data yang disampaikan oleh  Unit Pelaksana Teknis (UPT) Penghijauan dan Pemeliharaan Pohon Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Bandung (DPKP) Kota Bandung, pada Januari hingga Februari sebanyak 13 pohon tumbang, dan 23 alami patah dahan. Kasus pohon tumbang ini tersebar di beberapa kecamatan, seperti Regol, Sumur Bandung, Coblong, Regol dan lainnya.

Baca Juga : Menhan Prabowo Terima Kunjungan Senior Minister Singapura H.E. Mr. Teo Chee Hean

Kepala UPT Penghijauan dan Pemeliharaan Pohon DPKP Kota Bandung Roslina mengatakan, pihaknya akan selalu memantau kondisi pohon dan melakukan pemangkasan untuk mengantisipasi pohon tumbang akibat cuaca ekstrem.

“Ada juga yang dari permohonan masyarakat. Dan, kita juga pantau pohon yang kering, rimbun, dan lainnya. Selalu kita laksanakan pemangkasan,” kata Roslina, dikutip dari detik, Rabu (01/03/2023).

Pihaknya berupaya untuk melakukan pengendalian terhadap pohon tumbang yang dilakukan setiap hari, pihaknya sudah menerjunkan empat tim untuk melakukan hal tersebut.

“Permohonan memang banyak. Tapi, kita lihat dulu mana yang jadi prioritas, ada yang di-pending juga. Tetap kita lakukan pemangkasan. Jadi pohon-pohon yang prioritas itu harus segera diantisipasi,” ucapnya.

Sementara itu, BMKG sudah menerbitkan peringatan tentang keadaan cuaca pada tiga hari kedepan, dari 28 Februari hingga 2 Maret. 

Simak Juga : Romo Syafii Bagikan Buku Kepemimpinan Militer Prabowo di Universitas Tanjungpura

Pada tanggal tersebut, berpotensi hujan sedang hingga lebat yang disertai petir, dan angin kencang. Potensi cuaca ini terjadi dari pagi hingga malam. Kondisi ini terjadi di Kota Bandung, dan wilayah Jabar lainnya, seperti Cirebon, Kabupaten Bandung, Garut, dan lainnya.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close