BeritaPeristiwaRegional

Dinas SDA Ungkap Sering Terjadi Banjir di Tangsel Akibat Dari Buruknya Saluran Air

BIMATA.ID, Tangerang Selatan – Kepala Dinas Sumber Daya Air, Bina Marga dan Bina Konstruksi Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Robby Cahyadi mengungkapkan, bahwa genangan banjir yang saat ini sering terjadi diakibatkan karena buruknya gorong-gorong atau saluran air.

Robby menyampaikan, kalau Dinas Sumber Daya Air, Bina Marga dan Bina Konstruksi Tangsel telah berencana akan melakukan pembenahan atau peremajaan saluran air tersebut guna menanggulangi terjadinya banjir. Dirinya memastikan, pihaknya akan melakukan perbaikan secepat mungkin.

“Minggu ini mau kami perbaiki,” ujar Robby Cahyadi, dilansir melalui salah satu laman media berita, pada Kamis (16/03/2023).

Baca Juga: Prabowo ‘Dikepung’ Srikandi TNI AU Usai Dianugerahi Warga Kehormatan Kopasgat

Kemudian, Robby menilai, kalau konstruksi saluran air di lokasi sekitar genangan itu terlalu kecil dan hanya memiliki diameter dengan ukuran hanya 60 centimeter. Oleh sebab itu, pihak Dinas Sumber Daya Air, Bina Marga dan Bina Konstruksi akan memperbesar gorong-gorong tersebut menjadi satu meter. “Mau kami ganti jadi ukuran semeter,” imbuhnya.

Dirinya menerangkan, kecilnya ukuran saluran air atau gorong-gorong ini mengakibatkan tak mampu menampung debit air ketika curah hujan tinggi. Kondisi ini juga ditambah dengan perilaku warga sekitar serta pengelola industri kuliner.

Cek Juga: Menhan Prabowo: Inovasi Komando Teritorial di Kodam III Siliwangi Pecahkan Kesulitan Rakyat

“Buang cucian piring langsung ke situ itu bisa menyumbat gorong-gorong,” ujar Robby.

Diketahui, beberapa waktu lalu Pemerintah Kota Tangsel telah membangun talud kali di Perumahan Puri Bintaro Indah, Jombang, Ciputat. Karena wilayah itu sering terjadi banjir saat hujan tiba.

Simak Juga: Prabowo Subianto Sebut Presiden Jokowi Bertekad Miliki Pertahanan yang Kuat

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close