BeritaPeristiwaRegional

Kepala BPBD : Sebanyak 38.146 Rumah Warga di Kabupaten Bekasi Tergenang Banjir

BIMATA.ID, Bekasi – Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bekasi Muchlis mengatakan, sebanyak 38.146 rumah warga di Kabupaten Bekasi, Provinsi Jawa Barat, yang tersebar di 11 Kecamatan, tergenang bencana banjir akibat curah hujan dengan intensitas tinggi sejak akhir pekan lalu.

Muchlis menuturkan, bahwa pihaknya sudah melakukan beberapa upaya dalam menangani warga yang terkena bencana banjir.

“Jumlah jiwa terdampak ada 38.146 dan keluarga yang terdampak ada 9.537,” kata Muchlis, dikutip dari antara, Senin (27/02/2023).

Muchlis mengungkapkan, kebutuhan untuk warga yang terdampak banjir meliputi, perahu karet, tenda darurat, logistik atau dapur umum, serta petugas medis atau obat-obatan. Sejauh ini pihaknya terus melakukan upaya pendataan dan evakuasi.

“Selain itu mendirikan dapur umur dengan Dinsos (Dinas Sosial) Kabupaten Bekasi dan melakukan koordinasi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) dan puskesmas,” ucapnya.

Baca Juga : Survei Indostrategi, Prabowo Unggul di Semua Kategori Dibanding Ganjar-Anies

Selain itu, pihaknya juga mendapatkan bantuan personel dalam menangani banjir, diantaranya yaitu, SAR Brimob, PMI, tim medis puskesmas, serta Public Safety Center 119.

“Tim medis sudah melakukan pendirian posko kesehatan di beberapa wilayah seperti di Aula Kecamatan Babelan dan Balai Desa Sukadarma, Sukatani,” pungkasnya.

Perlu diketahui, 11 Kecamatan yang terdampak banjir itu antara lain, Kecamatan Karang Bahagia dengan ketinggian muka air 50-70 sentimeter, Babelan 30-40 sentimeter, Sukatani 30-65 sentimeter, dan Kecamatan Cikarang Utara setinggi 30-70 sentimeter. Kemudian Kecamatan Sukakarya setinggi 50-60 sentimeter, Tambun Utara 20-40 sentimeter, Kedungwaringin 10-20 sentimeter, Tambelang 30-40 sentimeter, Tarumajaya, 30-70 sentimeter, Sukawangi 40-60 sentimeter dan Kecamatan Cikarang Timur yang mulai berangsur surut.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close