BeritaPertanianRegional

Dalam Kegiatan Panen Raya, Mentan Pastikan Stok Beras di Yogyakarta Melimpah

BIMATA.ID, Bantul – Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo meninjau kegiatan panen raya di Dusun Tegal Sempu, Kelurahan Caturharjo, Kecamatan Pandak, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Selasa, 14 Februari 2023.

Dalam kegiatan itu, Mentan memastikan pasokan ketersediaan beras di wilayah Yogyakarta dinilai sampai saat ini dengan kondisi melimpah.

Baca juga: Prabowo Subianto Perbantukan Pesawat Hercules C-130 untuk Penanggulangan Bencana di Turki

“Jadi di Indonesia ini tidak kekurangan pangan. Kita punya data BPS di mana Februari, Maret, April ini masuk puncak panen. Saya bahkan bertanya langsung ke masyarakat dan mereka bilang kondisinya melimpah,” ucap Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dalam kegiatan panen raya di Dusun Tegal Sempu, Kelurahan Caturharjo, Kecamatan Pandak, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Selasa, (14/02/2023).

Menurut informasi, luas panen di Kecamatan Pandak mencapai 193 hektar dengan rata-rata penanaman menggunakan varietas inpari 32, 42, dan ciherang, serta, Indeks pertanaman yang mencapai IP 300 dengan produktivitas 7.8 ton GKP per hektar.

Lihat juga: Prabowo Subianto: Korps Marinir Miliki Sejarah Gemilang

Selain itu, Daerah Bantul yang tinggi menjadi bukti bahwa pertanian adalah bentuk kekuatan ekonomi bagi masyarakat setempat.

Maka dari itu, Mentan berharap untuk para petani mau menggunakan Kredit Usaha Rakyat (KUR) pertanian sebagai jalan baru dalam memenuhi permodalan.

Simak juga: Diangkat Menjadi Warga Kehormatan Korps Marinir, Prabowo: Saya Ucapkan Terima Kasih dan Bangga

“Saya sangat berharap ketua dengan kelompokmu nggak usah pakai uang sendiri. Tapi gunakan KUR yang memiliki bunga rendah. Dan dari semua debitur yang macet itu hanya 0,3 sampai 0,6. Itu artinya petani kita jujur pak, petani kita hebat,” ujar Mentan.

Selengkapnya: Menhan Prabowo Subianto Serahkan Peralatan Pertahanan untuk Korps Marinir

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close