BeritaHeadlineHukumPolitikRegionalUmum

Antisipasi Pelanggaran Pemilu di Sosmed Bawaslu Semarang Bentuk Komunitas Digital

BIMATA.ID, Jakarta- Guna Mengantisipasi pelanggaran Pemilihan Umum (Pemilu) yang dilakukan oleh oknum-oknum berbagai pihak. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Semarang membentuk dan meluncurkan komunitas digital yakni jarimu mengawasi pemilu di pendopo Kecamatan Ngaliyan, Semarang, Jawa Tengah.

Koordinator Divisi penanganan pelanggaran data dan informasi Bawaslu Kota Semarang, Naya Amin Zaini mengungkapkan, dibentuknya komunitas tersebut merupakan kebijakan dari Bawaslu RI.

Naya mengatakan, pengawasan tidak hanya dari penglihatan saja melainkan melalui digital juga harus diawasi, sebab di zaman sekarang sekarang banyak praktik-praktik dugaan pelanggaran melalui media sosial.

Baca Juga: Prabowo Subianto Perbantukan Pesawat Hercules C-130 untuk Penanggulangan Bencana di Turki

“Mengawasinya tidak hanya mata saja tetapi jari-jari kita ikut mengawasi. Karena sekarang era 4.0 digital dan IT itulah yang ikut diawasi. Karena banyak praktik-praktik dugaan pelanggar,” ungkapnya, Dilansir dari salah satu media berita, pada Rabu (15/02/2023)..

Naya menerangkan, jika masyarakat yang ingin bergabung harus melakukan register akun agar bisa masuk di komunitas tersebut. Adapun berbagai prosedur yang harus dilakukan masyarakat jika ingin menyampaikan dugaan pelanggaran.

“Nanti ada kanal khususnya. Nanti ada link dan portal yang difasilitasi Bawaslu RI,” tuturnya.

Dirinya mengingatkan, pada pemilu sebelumnya di Kota Semarang terdapat 45 jenis pelanggaran yang terjadi di Pemilihan Walikota (Pilwalkot) 2020 dan Pemilu 2019.

Cek Juga: Prabowo Subianto: Korps Marinir Miliki Sejarah Gemilang

“Pelanggarannya ada tindak pidana, pelanggaran Undang-undang lainnya, pelanggaran administrasi, dan pelanggaran kode etik,” jelasnya.

Dia menyebutkan, hal tersebut merupakan peringatan dini untuk pihaknya, serta ia akan membuat buku untuk dibagikan kepada stakeholder.

“Ini menjadi peringatan dini kami. Kemudian kami membuat buku dan kami bagi kepada stakeholder,” imbuhnya.

Simak Juga: Diangkat Menjadi Warga Kehormatan Korps Marinir, Prabowo: Saya Ucapkan Terima Kasih dan Bangga

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close