Berita

Pemkot Palu Evakuasi Warga Terdampak Banjir

BIMATA.ID, Palu – Pemerintah Kota Palu, Sulawesi Tengah, mengerahkan sejumlah  organisasi perangkat daerah (OPD) untuk membantu mengevakuasi warga dalam lima kelurahan yang terdampak banjir kiriman.

“Banjir terjadi sekitar Pukul 03.00 WITA, hingga saat ini pemukiman warga masih terendam air,” kata Sekretaris Daerah Kota Palu, Irmayanti Petalolo, Selasa (06/09/2022).

Dia menjelaskan lima kelurahan terdampak banjir kiriman yakni Kelurahan Baru, Kelurahan Lere, Kelurahan Besusu Barat, Ujuna, dan Lolu Utara diakibatkan debit air di Sungai Palu melebihi kapasitas sehingga meluap hingga ke pemukiman warga.

OPD yang dikerahkan di antaranya Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, Dinas Sosial, Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman, Satuan Polisi Pamong Praja (Pol-PP), Dinas Perhubungan di bantu TNI/Polri dan Basarnas, serta Palang Merah Indonesia (PMI).

“Instansi terlibat turut membatu mengevakuasi warga ke tempat yang aman, meski pun ini hanya banjir kiriman, tetapi perlu penanganan yang sigap,” ucapnya.

Selain itu, katanya, Pemkot Palu juga mendirikan posko pengungsian di lima titik sebagai bentuk perlindungan terhadap warga terdampak dengan melayani kebutuhan konsumsi mereka.

“Layanan konsumsi sudah dilakukan, Pemerintah telah mendistribusikan makanan siap saji untuk warga di lima kelurahan terdampak,” jelasnya.(oz)

Tulisan terkait

Bimata
Close